Yuk, Kenali Beberapa Jenis Sambungan Pipa Berikut Ini!

  • Whatsapp
Jenis Sambungan Pipa

Sambungan pipa atau fitting pipa merupakan alat yang digunakan untuk menyambungkan pipa saluran air di rumah.  Tanpa adanya alat penyambung, tentu akan sangat sulit untuk menyambungkan pipa air di rumah karena itu penggunaannya sangat penting. Nah, terdapat beberapa jenis sambungan pipa yang kerap digunakan untuk menyambungkan pipa saluran air tersebut, di antaranya socket, reducer, penutup, adapter, tee stuck, nipple, dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, ukuran sambungan pipa juga memiliki beberapa jenis seperti ½, ¾, dan lainnya.

Khusus untuk sambungan dan fitting Rucika yang dikutip dari website Rucika.co.id, maka akan dipaparkan penjelasannya di bawah ini, cekidot:

  1. Socket. Salah satu jenis sambungan pipa tersebut adalah socket. Sambungan pipa jenis ini memiliki bentuk lurus dengan diameter sama. Untuk sambungan pipa jenis socket ini terdiri dari banyak tipe di antaranya socket drat luar dalam, socket drat dalam polos, socket drat luar polos, socket drat dalam, socket polos, socket drat luar, dan sebagainya.
  2. Tee Stuck. Pipa jenis ini memiliki bentuk mirip dengan huruf T. Sambungan pipa satu ini berfungsi dalam membagi saluran menjadi dua arah. Sama halnya dengan socket, sambungan pipa tee stuck juga memiliki beberapa jenis seperti Y stuck, double tee stuck, tee stuck drat, dan lainnya.
  3. Elbow. Jika sambungan pipa tee stuck berbentuk T, maka untuk sambungan pipa elbow ini berbentuk L. Di mana, sambungan pipa satu ini berfungsi dalam membelokkan pipa ke bagian samping. Beberapa jenis pipa elbow ini adalah sebagai berikut elbow 45 derajat, elbow polos drat dalam, elbow drat dalam, elbow polos, dan lain-lain.
  4. Reducer. Reducer berperan sebagai peredam untuk mengecilkan air yang terdapat dalam saluran pipa. Sambungan pipa ini memiliki dua jenis, yakni reducer socket dan reducer elbow. Yang mana, untuk jenis reducer socket ini dimanfaatkan untuk memperkecil aliran air di dalam socket, sedangkan untuk sambungan jenis reducer elbow digunakan untuk memperkecil aliran air yang dibelokkan.
  5. Nipple. Sambungan pipa satu ini dijadikan sebagai pengencang pipa. Sambungan pipa ini juga dinamakan hexagonal karena memiliki penampang yang berbentuk segi enam.

Demikian penjelasan singkat beberapa sambungan pipa yang digunakan untuk menyambungkan pipa saluran air.  Dapatkan informasi terlengkap seputar perpiaan mulai dari jenis, tipe, ukuran, hingga harga untuk produk sambungan pipa, Anda bisa mengunjungi website Rucika.co.id.

Related posts