Mempunyai gajih atau pekerjaan tetap adalah dambaan bagi setiap orang, mempunya pekerjaan tetap juga sangatlah menyenangkan karena kita tidak khawatir bakal kehabisan uang, karena kita pasti akan mendapatkan uang di setiap bulannya. Tapi tidak sedikit di antara mereka yang juga ingin mempunyai penghasilan tambahan atau usaha sampingan.

Mempunyai penghasilan tambahan atau usaha sampingan merupakan keinginan bagi setiap orang, tapi terkadang keinginan itu terhalang oleh yang namanya budget tidak memadai, dan juga hanya memiliki waktu yang sedikit. Tenang kawan, kali ini saya akan berbagi tip membuat usaha sampingan dengan tidak menggunakan budget yang besar, yaitu berbisnis dengan e-Commerce atau berbisnis online.

Di mana berbisnis dengan social commerce indonesia yang tidak memerlukan toko fisik, atau melakukan promosi dengan berjalan memutari kampung kampung membuat anda bisa menghemat budget dan juga bisa menghemat waktu anda.

Berikut ini adalah langkah langkah dasar untuk memulai bisnis online e-commerce, untuk memulai bisnis ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memulai bisnis seperti biasaanya, tapi mempunyai hal khusus yang perlu kita perhatikan bersama, terdapat 6 kebutuan utama yang menjadi syarat khusus memulai bisnis online e-commerce di antaranya:

  1. Nama Brand, membuat sebuah nama untuk bisnis anda atau yang sering di sebut dengan Brand, buatlah nama yang sederhana tapi mempunyai keunikan dan mudah di kenal oleh calon konsumen dan sebaiknya gunakan nama brand yang mencerminkan posisioning bisnis anda.
  2. Website, membuat website segera mungkin, gunakan tampilan yang segar dan unik untuk mempermudah dan juga menarik konsumen untuk menjelajah website anda.
  3. Produk, menentukan produk yang akan anda jual, hal ini sangatlah menentukan untuk kesuksesan bisnis anda, anda harus melakukan riset atau obsesrvasi tentang produk produk apa yang sedang naik daun atau produk apa yang sekarang sangat banyak peminatnya.
  4. Metode pembayaran, tentukan metode pembayaran yang akan gunakan untuk mempermudah anda dan juga konsumen untuk melakukan transaksi atau pembayaran.
  5. Supply produk, biasanya mitra penyedia layanan e-commerce akan memberikan pengaturan otomatis (file akan di kirim ke konsumen setelah pembayaran lunas), khusus produk fisik, terapat beberapa hal yang perlu di perhatikan di antaranya:
  • Gunakan jasa pengiriman barang (pihak ketiga) yang terpercaya, memiliki ongkos kirim (ongkir) yang luayan murah, serta memiliki jangkauan pengiriman yang luas.
  • Membuat jadwal pengiriman barang.
  1. Traffic web yang bagus dan berkualitas, Anda harus paham mengenai cara marketing online untuk meningkatkan traffic website, terdapat beberapa cara umum yang perlu Anda ketahui, seperti affiliate marketing, referral marketing, SEO, dan link building, saya menyarankan agar menggunakan metode pay per click sebagai tahap awal, Saat traffic semakin meningkat, Anda harus menjaganya dengan membina komunikasi yang baik dengan pengunjung website, Berikan respon yang cepat dan tepat apabila pengunjung website bertanya atau berkomentar sesuatu.

Kesimpulannya, ketika nada ingin memulai usaha sampingan dengan e-commerce, terdapat langkah langkah yang perlu di perhatikan , selain itu ada 6 kebutuhan khusus yang harus di penuhi apabila anda ingin menjadi serang pengusaha bisnis onine e-commerce, sehingga anda dapat mempraktekan setrategi yang efektif serta menciptakan pengelolaan dana bisnis online e-commerce yang baik.

Nah gimana gaes, mudah bukan? Oleh karena itu bisnis online comer adalah jawaban yang sangat cocok untuk anda yang ingin mempunyai usaha sampingan tapi tidak mempunyai budget dan waktu yang memadai.