Tips Menggunakan Masker yang Tepat untuk Menghindari Virus Corona

  • Whatsapp
Tips Menggunakan Masker yang Tepat untuk Menghindari Virus Corona

Salah satu cara untuk pencegahan dan menghindari penularan virus corona adalah dengan menggunakan masker. Cara ini bisa dilakukan untuk dapat menghindari penularan bagi yang sakit ke orang yang sehat. Sehingga sekarang ini Anda pasti sudah umum melihat semua orang menggunakan masker yang dikatakan efektif untuk mencegah penularan corona. Akan tetapi cara ini yaitu menggunakan masker untuk menghindari corona sendiri dapat efektif apabila menggunakan cara yang tepat. Dimana beberapa cara yang tepat menggunakan masker sehingga menghindari penyebaran corona adalah sebagai berikut ini:

  • Memilih ukuran masker yang tepat

Tips pertama ketika akan memilih masker adalah dengan memperhatikan ukuran masker. Anda dapat untuk memilih ukuran masker yang sesuai dengan ukuran wajah Anda. Sehingga nantinya mendapatkan masker yang dapat menutupi bagian mulut, hidung, dan dagu dengan baik. Ketika masker sudah mendapatkan ukuran yang tepat sehingga menghindari mulut dan hidung maka bisa dengan efektif untuk pencegahan penularan corona. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk memilih masker dengan ukuran yang tepat. Jangan memilih masker hanya karena motif dan bentuknya saja yang lucu, tetapi yang paling penting adalah dengan memilih masker yang menutupi area hidung dan mulut.

  • Cuci tangan terlebih dahulu

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan masker. Hal ini merupakan salah satu cara untuk dapat mencegah penularan virus corona. Oleh karena itulah sebelum menggunakan masker maka pastikan bahwa tangan Anda tetap bersih dan tidak kotor. Karena akan sangat tidak berguna apabila Anda menggunakan masker dengan tangan yang masih kotor sehingga hal tersebut juga akan membuat masker Anda kotor. Cucilah tangan dengan tepat sebelum menyentuh dan menggunakan masker yaitu dengan menggunakan air mengalir, menggunakan sabun, di bawah air mengalir, dan juga cuci tangan di seluruh permukaan tangan hingga ke jari-jari agar membuat tangan bersih. Jangan lupa untuk mengeringkan tangan terlebih dahulu agar masker yang dipegang tidak basah dan menjadi lembab ketika digunakan.

  • Hindari menyentuh masker selama digunakan

Hal selanjutnya yang diperhatikan ketika menggunakan masker adalah dengan tidak menyentuhnya. Sama seperti ketika akan memegang area wajah maka perlu untuk mencuci tangan terlebih dahulu maka Anda bisa untuk mencuci tangan sebelum akan membenarkan masker. Hal tersebut akan efektif untuk mencegah penularan corona karena dengan mencuci tangan dapat membunuh virus lebih efektif. Oleh karena itulah ketika akan memperbaiki masker maka bisa menggunakan hand sanitizer atau mencuci tangan.

  • Waktu yang tepat untuk ganti masker

Aturan lainnya ketika menggunakan masker adalah ketika sudah sobek dan rusak maka segera ganti masker Anda. Anda juga tidak boleh menggunakan masker terlalu lama karena akan banyak noda dan debu yang menumpuk di masker. Setelah digunakan juga jangan lupa untuk mencuci masker menggunakan air bersih. Apabila perlu juga bisa untuk merebus masker dengan air mendidih sehingga dapat menghilangkan virus yang menempel pada masker.

Empat tips di atas merupakan cara yang bisa digunakan untuk menggunakan masker yang tepat sehingga bisa menghindari penyebaran virus corona. Selain dari cara untuk memilih dan menggunakan masker, Anda masih bisa untuk mendapatkan tips lainnya yang terkait dengan langkah pencegahan corona di website Halodoc. Situs ini merupakan situs yang menawarkan informasi kesehatan yang lengkap, termasuk juga menu Coronavirus yang memberikan perkembangan corona dan cara menghindarinya.

Related posts