Tidak Mau Repot? Ini Cara Screenshot Realme Pro 5 yang Praktis dan Cepat

  • Whatsapp
Cara Screenshot Realme Pro 5

Ketika ingin mengabadikan gambar atau dokumen penting dalam bentuk screenshot, ada beberapa cara screenshot Realme Pro 5 yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Screenshot dasar

Cara screenshot Realme paling dasar yaitu dengan menggunakan tombol power dan volume yang ditekan secara bersamaan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih tampilan gambar atau dokumen pada memori handphone yang akan di screenshot. Tekan tombol power dan volume min selama beberapa detik dan secara otomatis tampilan layar yang ingin di screenshot akan langsung tersimpan di galeri penyimpanan.

  1. Screenshot dengan 3 jari

Apapun tampilan di layar HP Realme yang ingin di screenshot, bisa dicoba pula secara mudah dengan gerakan tiga jari. Pertama, cara screenshot Realme Pro 5 ini bisa dilakukan dengan membuka bagian pengaturan. Pilih menu gesture dan gerak, geser fitur screenshot tiga jari agar terdapat pada posisi aktif. Saat sudah selesai, kembali ke bagian layar atau gambar yang ingin di screenshot, geser cepat tiga jari Anda dari atas ke bawah. Gambar yang terscreenshot akan langsung masuk ke galeri atau memori internal handphone. Namun demikian, jika hasil screenshot terlihat blur atau tidak fokus, Anda bisa mengulang cara serupa yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik.

  1. Screenshot dengan fitur smart sidebar

HP Realme 5 Pro memiliki fitur pendukung berupa smart sidebar. Fitur ini termasuk kedalam keunggulan HP Realme yang memudahkan cara screenshot Realme Pro 5 tanpa perlu menekan banyak tombol. Fitur ini bisa ditemukan dengan cepat di menu pengaturan. Anda bisa menggulirkan tampilan layar hingga bagian bawah dan temukan menu smart and convenient. Saat Anda mengklik menu ini, akan muncul pilihan aktifkan smart sidebar. Setelah diaktifkan, kembali ke layar awal atau pilih gambar foto yang ingin di screenshot. Geser kiri pada garis kecil yang terdeteksi di sisi kanan layar, nantinya fitur smart sidebar akan muncul dan pilih ikon tangkapan layar secara cepat. Hasil screenshot yang sudah dilakukan akan secara otomatis tersimpan didalam memori internal dan jika Anda ingin mendapatkan hasil screenshot sempurna, Anda tinggal mengulang langkah yang sama.

  1. Screenshot dengan fitur long screenshot

Ketika yang ingin di screenshot dari HP Realme terbaru milik pribadi adalah tampilan caption media sosial, gambar video menarik, materi presentasi, materi pembelajaran, atau lainnya, Anda juga bisa mencoba fitur long screenshot. Fitur yang satu ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil screenshot dalam bentuk landscape atau memanjang. Cara screenshot Realme Pro 5 yang satu ini diawali dengan mengkombinasikan tombol dari gerakan tiga jari dan smart sidebar. Saat Anda melihat hasil tangkapan layar awal, tekan layar dan di preview akan muncul pilihan long screenshot. Tarik kotak screenshot hingga area yang diperlukan untuk disimpan. Klik selesai dan nantinya hasil screenshot akan tersimpan di galeri memori internal. Namun jika hasil screenshot yang dilihat tidak terlalu jelas atau terpotong, Anda bisa mengulang cara screenshot seperti yang diinginkan. Beragam kemudahan untuk screenshot foto atau materi khusus bisa membantu Anda untuk merepost atau membaca kembali hasil screenshot. Namun demikian, saat cara screenshot Realme Pro 5 berhasil dilakukan, agar handphone tidak mendadak lemot atau hang, periksa memori internal handphone. Ada baiknya agar memori internal tidak penuh, Anda mengalihkan penyimpanan hasil screenshot ke folder khusus yang ada di memori eksternal.

Sumber: oppotutorial

Related posts