Tanya Dokter Syaraf Mengenai Prosedur Pemeriksaan yang Harus Dilakukan

  • Whatsapp
Dokter Syaraf

Setiap dokter mempunyai kategori bidangnya masing-masing. Sehingga hal tersebut akan memudahkan pasien untuk dapat memilih dokter yang akan dituju untuk mendapatkan pengobatan. Salah satu pilihan dokter yang ada misalnya dokter syaraf yang menangani pemeriksaan untuk kondisi dan gangguan sistem saraf pada tubuh. Konsultasi tanya dokter syaraf sendiri bisa dilakukan lewat online pertama-tama seperti menjelaskan keluhan di aplikasi Halodoc untuk selanjutnya mendapatkan pemeriksaan yang dibutuhkan. Dokter spesialis syaraf di aplikasi Halodoc akan memberikan konsultasi umum yang nantinya harus dilengkapi dengan pemeriksaan secara langsung agar dapat mengetahui masalah syaraf yang diderita. Adapun pada umumnya prosedur konsultasi penyakit syaraf yang dilakukan meliputi beberapa hal seperti berikut ini:

  • Penelusuran riwayat kesehatan

Hal pertama yang dilakukan untuk mengetahui adanya masalah dalam syaraf adalah dengan melakukan penelusuran riwayat kesehatan. Dimana dokter akan bertanya mengenai hal umum ketika pemeriksaan sehingga dapat untuk melakukan diagnosa lebih lanjut. Misalnya saja beberapa pertanyaan yang diajukan adalah mengenai keluhan yang dirasakan seperti keluhan penyakit yang dirasakan, riwayat kesehatan pasien dan keluarga pasien, riwayat operasi yang pernah dilakukan, mengenai jenis obat-obat yang sedang dikonsumsi, dan terakhir adalah mengenai gaya hidup dan kebiasaan yang dilakukan.

  • Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan selanjutnya adalah dengan pemeriksaan fisik yang dilakukan sebagai tahap awal pemeriksaan. Pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan fisik pada umumnya seperti yang pertama adalah pemeriksaan tinggi dan berat badan pasien. Selain itu juga akan melakukan pemeriksaan fisik secara lebih lengkap dari pemeriksaan tanda vital seperti tekanan darah, denyut jantung, suhu tubuh, dan juga frekuensi pernafasan. Selanjutnya adalah pemeriksaan kondisi pasien secara umum meliputi leher, perut, paru, kulit, dan juga kepala. Terakhir adalah dengan melakukan pemeriksaan saraf secara lengkap meliputi saraf kranial, saraf sensorik, analisis gaya berjalan, sistem saraf motor, pemeriksaan refleks otak kecil, dan juga pemeriksaan sistem saraf otonom.

  • Pemeriksaan penunjang

Pemeriksaan ketiga setelah pemeriksaan keluhan umum dan fisik adalah melakukan pemeriksaan penunjang. Hal ini dilakukan untuk dapat memastikan diagnosis penyakit saraf yang telah ditunjukkan dari gejala dan pemeriksaan fisik yang dilakukan. Adapun untuk pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan laboratorium untuk memastikan diagnosis yang telah dilakukan sebelumnya pada tahap pemeriksaan dari gejala dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang sendiri meliputi pemeriksaan laboratorium meliputi tes darah, tes urine, dan juga biopsi. Selain itu juga radiologi, tes konduksi saraf, cerebral angiography, dan terakhir adalah fungsi lumbal yang merupakan pemeriksaan dengan memasukkan jarum ke saraf bagian tulang belakang.

Setelah tahap di atas dilewati maka dokter akan melakukan diagnosis yang telah dikantongi. Sehingga misalnya bagi Anda yang melakukan konsultasi di aplikasi Halodoc misalnya, tetap harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit karena membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk dapat melakukan diagnosa. Dokter yang ada di Halodoc sifatnya hanya memberikan diagnosa dan konsultasi untuk dapat mengarahkan pasien. Sedangkan untuk diagnosa akan dilakukan oleh dokter rumah sakit yang telah melewati tahap pemeriksaan yang telah disebutkan.

Setelah tanya dokter syaraf di aplikasi Halodoc dan melakukan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit dan mendapatkan diagnosa, langkah selanjutnya adalah dengan merencanakan pengobatan yang akan dilakukan. Hal ini dapat dilakukan untuk dapat menentukan jenis terapi pengobatan dan mengendalikan gejala yang dirasakan. Pengobatan yang dapat dilakukan misalnya rencana perawatan, obat-obatan, fisioterapi, dan juga operasi apabila diperlukan.

Related posts