Sering Susah Tidur? Berikut Cara Mengatasi Insomnia Ini Bisa Anda Coba!

  • Whatsapp
cara mengatasi insomnia

Sebagai manusia normalnya waktu istirahat dalam sehari itu tidak kurang dari 7-8 jam bagi orang dewasa. Tetapi karena banyaknya aktivitas yang harus dikerjakan setiap hari, tidak sedikit orang mengabaikan waktu istirahat penting itu. Bahkan ada pula yang mengalami gangguan tidur atau sering disebut dengan insomnia. Jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah tersebut tentu waktu tidur sangat kurang bahkan bisa dikatakan istirahat tidak berkualitas. Jika tidak menemukan cara mengatasi insomnia segera, bisa-bisa mempengaruhi kegiatan Anda sepanjang hari.

Bagi orang yang bisa beristirahat dengan normal pada malam hari pasti tidak akan percaya ketika ada orang kesulitan tidur. Hal itu pada dasarnya akibat pola hidup sendiri, bila kebiasaan baik diatur sejak dini sudah tentu itu tidak akan terjadi. Kesehatan tubuh yang menjadi taruhan, dimana istirahat kurang dapat menjadi masalah utama mudahnya penyakit menyerang. Ada pula orang yang kesulitan tidur malam sampai mengkonsumsi obat-obatan yang dilarang. Padahal ada cara lain yang masih bisa dilakukan untuk memecahkan masalah tersebut.

Kenali terlebih dahulu apa penyebab Anda mengalami insomnia, ini beragam mulai dari gaya hidup, kenyamanan tempat tidur, gangguan psikologi, kesehatan fisik sampai dengan ada tidaknya efek samping obat-obatan yang dikonsumsi. Dengan mengetahui hal itu, cara atasi yang harus dilakukan lebih mudah ditemukan seperti:

  1. Mulai atur jadwal istirahat.

Seperti bayi dimana sedari kecil diatur untuk jadwal istirahat tentu akan terbiasa, inilah yang perlu dikoreksi pada Anda. Bagi orang dewasa dengan waktu tidur yang berubah-ubah akibat aktivitas bisa menjadi pemicu insomnia. Supaya tidak berlanjut bisa mulai atur jadwal supaya sesuai dengan kegiatan.

  1. Perhatikan kondisi kamar.

Kenyamanan kamar juga bisa menjadi pemicu, makanya ini menjadi salah satu cara mengatasi insomnia yang bisa Anda lakukan. Cobalah untuk mengganti lampu yang lebih redup ketika sudah malam, hal ini akan mempercepat hormon untuk tidur.

  1. Cobalah untuk rileks.

Seseorang yang mempunyai banyak pikiran berat menjadi faktor munculnya insomnia. Lakukan relaksasi terlebih dahulu sebelum tidur seperti mandi air hangat, mendengarkan musik, ataupun aktivitas lain yang disukai. Dengan begitu pikiran lebih rileks dan waktu istirahat akan lebih cepat karena tidak ada beban.

  1. Makanan sehat.

Jangan anggap sepele masalah makan, ini dapat menjadi masalah ketika Anda terserang suatu penyakit. Bukan saja itu, salah makan juga dapat berakibat pada kondisi istirahat yang baik ataupun buruk. Konsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak dan vitamin lainnya.

Bila yang Anda rasakan insomnia tidak kunjung membaik bahkan sampai membuat berbagai aktivitas berantakan bisa coba konsultasikan dengan dokter. Hal ini penting untuk mengetahui sedalam apa masalah tersebut dan apa yang sebenarnya menjadi penyebab. Karena bukan saja kegiatan harian, kesehatan tubuh Anda juga pasti akan menurun akibat tidak seimbang antara aktivitas dan waktu istirahatnya. Apalagi saat ini sudah banyak dokter terbaik yang dapat membantu berbagai masalah Anda, seperti gangguan tidur.

Meskipun sudah banyak cara mengatasi insomnia seperti disebutkan diatas, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan ramuan untuk mempercepat pengatasannya. Ya, banyak obat herbal ataupun racikan yang dapat Anda konsumsi untuk mengurangi insomnia. Anda bisa coba cek di Herbana yang merupakan perusahaan farmasi terkemuka dengan berbagai varian produk ditawarkan. Bukan saja insomnia, berbagai jenis penyakit bisa diatasi dengan produk mereka. Pelajari setiap produknya, beli dengan harga yang terjangkau, dan rasakan manfaat besarnya.

Related posts