Pada kali ini kita akan membahas mengenai seluk beluk pembelian tiket pesawat online. Melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat memang yang ideal, karena bisa lebih cepat sampai ke tempat tujuan dan terasa menyenangkan, fasilitasnya nyaman dan cukup lengkap. Cara pemesanan dan pembelian tiket pesawat pun sudah semakin mudah dan makin praktis saja, yakni kalau dulu calon penumpang harus mendatangi gerai maskapai penerbangan satu persatu guna melakukan pemesanan dan pembelian tiket pesawat maka sekarang sudah tidak perlu lagi menggunakan cara konvensional seperti itu  namun cukup dengan log in ke situs atau web penyedia jasa penjualan tiket pesawat, maka sudah tersedia jadwal berbagai penerbangan ke berbagai kota tujuan dari berbagai dan beraneka ragam maskapai penerbangan yang tersedia, calon penumpang tinggal memilih jadwal dan harga tiket pesawat sesuai waktu jadwal kepergian yang telah direncanakan dan besarnya anggaran perjalanan yang tersedia. Sangat praktis sekali.

Bentuk Tiket Pesawat Online

Adapun bentuk tiket pesawat pun mengalami perubahan dan penyesuaian dengan adanya sistem pembelian tiket pesawat secara online tersebut sekarang ini. Bentuk tiket pesawat yang dibeli dengan secara online itu bisa berbeda dengan bentuk tiket pesawat yang dibeli secara offline. Tiket pesawat online cukup dengan hanya berbentuk lembaran kertas saja, yang berisi kode booking pesawat sesuai yang telah dibeli oleh calon penumpang secara online tersebut.

Kertas tersebut adalah hasil print out transaksi pembelian pesawat secara online sebagai bukti pembelian tiket pesawat secara online tersebut. Pada kertas tersebut akan tercantum jenis pesawat, nama maskapai penerbangannya, kota asal keberangkatan dan bandara awalnya dan kota tujuan serta bandara akhirnya, dengan kelas dan jadwal waktu penerbangan dan juga rencana kedatangannya di bandara kota tujuan akhir.

Calon penumpang cukup menunjukkan kertas hasil print out tersebut kepada petugas counter check in di bandara pada saat mau naik pesawat dan berangkat dari bandara awal. Bahkan pada perkembangan terkini, pencetakan pada kertas sudah tidak diperlukan lagi, namun bisa dengan menunjukkan nomor kode booking tiket pesawat melalui smartphone maka nomor kode tersebut akan di cek oleh petugas counter di bandara pada saat jadwal keberangkatan secara online pula.

Kelebihan Pembelian Tiket Pesawat Online

Pembelian tiket pesawat secara online pada saat ini sudah banyak dan umum dilakukan oleh para calon penumpang. Sistem pembelian tiket pesawat online memiliki banyak keunggulan yang tidak hanya dirasakan baik oleh calon penumpang namun juga oleh pihak maskapai penerbangan dan agen perjalanannya. Berikut ini beberapa kelebihan pembelian tiket pesawat secara online.

Cepat, praktis dan hemat waktu

Pembelian tiket pesawat secara online jelas lebih cepat, praktis dan juga akan menghemat banyak waktu. Tidak seperti jika membeli secara offline dengan mendatangi gerai maskapai satu persatu atau datang ke kantor agen perjalanan hanya untuk membeli tiket pesawat maka calon penumpang dari tempat duduknya masing-masing, disela-sela kesibukannya, tak perlu beranjak dari tempat duduknya sudah bisa memesan dan membeli tiket pesawat sesuai rencana jadwal dan besarnya anggaran. Jadi waktu tidak akan tersita untuk perjalanan ke gerai maskapai atau agen perjalanan yang bisa saja macet dan akan menyita lebih banyak waktu calon penumpang. Pembelian tiket pesawat secara online ini juga bisa dilakukan selama 24 jam.

Lebih murah

Pembelian tiket pesawat secara online juga bisa lebih murah karena biasanya web atau situs penyedia jasa penjualan tiket pesawat secara online memberikan banyak promo, cashback dan aneka bentuk diskon lainnya bagi calon penumpang yang memesan dan membeli tiket pesawat melalui situs atau webnya.

Fleksibel

Pembelian tiket pesawat secara online tersebut juga lebih fleksibel karena calon penumpang bisa mengubah tanggal keberangkatan, kota tujuan, bandara tujuan juga bandara keberangkatan, jenis pesawat, kelas penerbangan, juga maskapai penerbangan dengan secara mudah. Calon penumpang juga bisa melihat perbedaan harga antar maskapai penerbangan ataupun perbedaan harga tiket pesawat antar tanggal dan jam jadwal penerbangan dan info-info lainnya.

Pemesanan dan pembelian tiket pesawat juga bisa dilakukan sehari sebelum tanggal keberangkatan, atau  seminggu sebelumnya, ataupun sebulan sebelumnya hingga enam bulan sebelumnya. Fleksibilitas tersebut juga terlihat pada bentuk tiketnya yang lebih simpel, cukup dengan kertas hasil print out kode booking atau cukup dengan memperlihatkan kode booking tiket pesawat tersebut melalui smartphone.

Cara pembayaran yang beragam dan mudah serta cepat dan transparan

Cara pembayaran pembelian tiket pesawat online ini juga mudah, praktis juga cepat dan bisa dilakukan dengan banyak cara, juga transparan. Calon penumpang akan dapat melihat rincian jenis biaya, termasuk pajak dan biaya apa saja yang harus dibayar.

Adapun cara pembayarannya juga tersedia dalam banyak cara, bisa melalui transfer, atau dengan menggunakan credit card selain dengan menggunakan debit card dan lain sebagainya. Sangat mudah, cepat dan praktis.

Kekurangan Pembelian Tiket Pesawat Online

Disebalik segala kelebihan dari pembelian tiket secara online tersebut juga terdapat kelemahan atau kekurangannya, diantaranya adalah bagi calon pembeli yang tidak memiliki dan tidak tahu cara melakukan pembelian tiket secara online melalui sambungan internet. Juga bagi calon penumpang konvensional yang tidak memiliki debit card atau credit card atau bahkan tidak memiliki rekening tabungan di bank atau istilahnya jenis tipe calon penumpang yang non bankable, maka akan mengalami sedikit kesulitan dalam melakukan proses pembayarannya.

Juga bagi calon penumpang yang masih awam dengan jenis-jenis tiket pesawat dan tidak tahu detil info lainnya terkait dengan informasi mengenai pemilihan tiket yang harus dibeli maka jenis tipe calon penumpang seperti ini akan lebih cocok jika membeli tiket pesawat secara offline guna mendapat penjelasan secara langsung dan selengkap-lengkapnya secara rinci oleh petugas maskapai penerbangan atau agen perjalanan. Maraknya situs atau web palsu yang melakukan penipuan dalam penjualan tiket online ini juga patut diwaspadai.

Tips Melakukan Pembelian Tiket Pesawat Online

Supaya lancar dan tidak mengalami kendala apalagi sampai mengalami penipuan maupun kehabisan tiket pesawat maka baik dalam melakukan pembelian tiket pesawat secara konvensional yakni secara offline maupun pembelian tiket pesawat secara online adalah rencanakan jadwal perjalanan Anda sejak jauh-jauh hari sejak awal, sehingga masih tersedia tiket pesawatnya dengan pilihan jam dan lebih banyak maskapai penerbangan dengan pilihan harga yang beragam yang masih tersedia lengkap untuk dipilih sesuai rencana jadwal waktu keberangkatan dan kedatangan dan pilihan harga tiket pesawat sesuai anggaran yang disediakan.

Calon penumpang juga sudah bisa melakukan pembelian tiket pesawat ini sejak enam bulan sebelum tanggal keberangkatan. Jika harga tiket refundablenya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu significant penghematannya dengan tiket yang non refundablenya maka sebaiknya pilih membeli tiket pesawat yang refundable saja, karena bisa lebih fleksibel penggunaan tiketnya.  Kemudian guna menghindari penipuan maka pilihlah situs dan web yang terpercaya dan sudah terkenal reputasinya guna melakukan transaksi pembelian tiket pesawat secara online ini.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai seluk beluk pembelian tiket pesawat online.