Rekomendasi KPR Milenial dari Beberapa Bank Ternama untuk Kaum Muda

  • Whatsapp
Rekomendasi KPR Milenial dari Beberapa Bank Ternama untuk Kaum Muda

(Photo: Freepik)

Mahalnya harga hunian saat ini sempat membuat banyak anak muda khawatir tidak bisa memiliki rumah. Menanggapi hal tersebut, beberapa bank ternama Indonesia lantas mengeluarkan program KPR milenial.

Sebelumnya, apa sih itu KPR milenial? Apakah sama dengan kredit kepemilikan rumah pada umumnya?

Seperti dilansir dari laman Bank Mandiri, KPR milenial adalah program yang khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan hunian bagi generasi muda atau kaum milenial.

Program ini menawarkan bantuan berupa pembiayaan pembelian hunian dengan bene­fit limit kredit yang lebih besar dibanding jenis KPR biasa, sebab pertimbangan kenaikan penghasilan per tahunnya.

Selain itu, suku bunga yang ditawarkan pada program KPR milenial terbilang cukup kompetitif, sehingga angsuran yang dikenalan jauh lebih ringan sampai masa waktu cicilan berakhir.

Nah, setelah membaca penjabaran di atas, apakah kamu sudah mengerti ap aitu KPR milenial? Jika sudah, simak pula beberapa program KPR milenial dari bank-bank ternama Indonesia yang bisa kamu pilih.

  1. Mandiri KPR Milenial

Program KPR milenial pertama yang bisa kamu pilih adalah Mandiri KPR Milenial. Tak tanggung-tanggung, bank plat merah ini memberikan penawaran berupa suku bunga rendah mulai dari 0 persen.

Menariknya lagi, program bantuan kepemilikan rumah tersebut memiliki limit kredit lebih besar (mulai dari Rp200 juta-Rp3 miliar), jangka waktu cicilan yang lebih panjang, dan suku bunga bank kompetitif.

Selain suku bunga, salah satu kendala kaum milenial dalam mengajukan KPR adalah proses pengajuan berkas. Sering kali proses tersebut berlangsung sangat lama dan berbelit-belit.

Oleh sebab itu, untuk mempermudah generasi muda dalam memiliki rumah, Bank Mandiri berkomitmen untuk mempercepat proses persetujuan berkas dalam program Mandiri KPR Milenial tersebut.

  1. KPR BNI Griya Gue

Selain Bank Mandiri, bank plat merah lain yang juga menawarkan program KPR milenial adalah BNI. Disebut sebagai BNI Griya Gue, program ini menawarkan uang muka 0 persen dan tenor hingga 25 tahun.

Bukan cuma itu saja, kamu juga bisa memilih sendiri fitur angsuran pada BNI Griya Gue. Hal ini membuat skema pelunasan cicilan rumah menjadi lebih fleksibel dan gampang.

Sedang, untuk suku bunganya BNI Griya Gue ditawarkan dengan nilai yang cukup rendah, yakni 6,25 persen per tahun fixed selama 2 tahun pertama dan 7,25 persen efektif fixed untuk tahun berikutnya.

  1. KPR Milenial BCA

Tak mau kalah dengan bank keluaran pemerintah, lembaga keuangan swasta seperti BCA juga turut mengeluarkan produk KPR milenialnya sendiri, yang disebut KPR Milenial BCA.

Menariknya, suku bunga yang ditawarkan oleh KPR Milenial BCA lebih rendah jika dibandingkan BNI, yakni dengan fixed rate 4,24 persen selama 2 tahun pertama.

Setelah masa 2 tahun tersebut selesai, maka suku bunga akan meningkat menjadi 6,25 persen hingga tenor cicilan berakhir. Sangat menguntungkan bukan, suku bunga yang ditawarkan KPR Milenial BCA?

  1. KPR Hits BTN Syariah

Bukan hanya bank konvensional, jenis bank syariah sekelas BTN Syariah juga memiliki program KPR milenialnya sendiri, program tersebut diberi nama KPR Hits dari BTN Syariah.

Berbeda dengan jenis KPR milenial lainnya, KPR Hits tidak mengenakan suku bunga pada skema cicilannya. Sebaliknya, program KPR ini menawarkan biaya DP sebesar 1 persen dari total harga rumah.

Selain itu, program ini juga memberikan tenor waktu yang cukup panjang, yakni berkisar 20-30 tahun.

Skema cicilan yang bisa kamu pilih juga cukup beragam, mulai dari skema sewa rumah sebesar 7,75 persen fixed selama 3 tahun pertama atau sebesar 8,25 persen fixed selama 5 tahun pertama.

Jika kamu berminat menggunakan program KPR milenial yang satu ini, BTN Syariah juga memberikan diskon sebesar 50 persen untuk biaya provisi dan administrasi yang dimasukan ke dalam plafon kredit.

  1. BTN KPR Gaeesss

Apabila kamu lebih memilih bank konvensional untuk mengajukan KPR milenial, BTN konvensional juga menyediakan program bantuan kepemilikan rumah untuk generasi milenial lewat KPR Gaeesss.

Berbeda dengan KPR Hits BTN Syariah, KPR Gaeesss memberlakukan suku bunga terhadap cicilan KPR yang kita ajukan sebesar 8,25 persen fixed selama 2 tahun dan DP minimal 1 persen untuk rumah pertama.

Meski begitu, baik BTN KPR Gaeesss maupun KPR Hits BTN Syariah, keduanya menawarkan tenor cicilan yang panjang hingga 30 tahun, serta diskon 50 persen untuk biaya provisi dan administrasinya.

  1. KPR Xtra Bisa CIMB Niaga

Rekomendasi KPR milenial terakhir yang bisa kamu pilih adalah program KPR Xtra Bisa dari Bank CIMB Niaga. Program yang satu ini menawarkan manfaat berupa uang muka ringan mulai dari 5 persen.

Bahkan, demi menarik minat kaum muda CIMB menggandeng para developer termuka pada program tersebut, seperti Ciputra, Sinarmasland, Summarecon, Jaya Real Property, Alam Sutera, dan Damai Putra.

Penting untuk diketahui, berapapun dana yang ada di tabungan kamu, 80 persen dari saldo harian akan diperhitungkan untuk mengurangi beban bunga dan pokok pinjaman KPR yang diajukan.

Setelah membaca ulasan di atas, program KPR milenial mana yang menurutmu sesuai dengan yang kamu butuhkan? Agar lebih mudah mendapatkan rumah KPR, jangan lupa gunakan situs 99.co Indonesia ya.

Selamat membeli rumah!

Related posts