Ketika akan menikah, pasti Anda akan direpotkan dengan berbagai macam persiapan pernikahan. Hal tersebut bahkan memerlukan perencanaan yang begitu panjang sehingga tak heran semua pasangan merencanakan pernikahan dari jauh-jauh dari.

Pernikahan memerlukan berbagai persiaapn yang detail dan rumit, salah satunya adalah masalah jamuan. Bagi Anda yang menggunakan catering pernikahan, Anda pasti sudah mulai mengumpulkan rekomendasi catering pernikahan. Biasanya, di dalam catering pernikahan menawarkan 2 cara penyajian makanan yakni gubukan dan prasmanan. Lantas seperti apa kelebihan dan kekurangan dua jenis catering ini?

Catering Pernikahan Prasmanan

Catering prasmanan merupakan cara penyajian makanan di restoran atau pun di pesta dengan cara meletakkan makanan di meja panjang, kemudian pengunjung akan mengambil sendiri menu yang mereka ingini. Jenis prasmanan ini begitu populer di Indonesia karena terkesan praktis dan dapat mengurangi jumlah pelayan yang dibutuhkan dalam sebuah resepsi. Rekomendasi catering pernikahan berbentuk prasmanan bisa dikatakan lebih banyak dibandingkan dengan gubukan.

Mulai tertarik dengan cara penyajian catering prasmanan? Ada berbagai kelebihan dari bentuk catering ini, seperti:

  • Memiliki harga yang terjangkau. Jika dibandingkan dengan bentuk penyajian lainnya, catering dengan bentuk penyajian prasmanan ini memiliki harga yang lebih terjangkau,
  • Banyak pilihan menu catering. Biasanya, vendor catering pernikahan akan menyediakan berbagai macam menu mulai dari menu kering, menu berkuah, menu dengan rasa pedas, gurih, manis dan yang lainnya. Sehingga, para tamu bisa mengambil menu sesuai dengan yang mereka sukai,
  • Tamu akan fokus mengambil makanan di bagian prasmanan. Sebenarnya, penyajian dalam bentuk prasmanan ini juga berguna untuk menghindari kekurangan hidangan atau hidangan habis sebelum tamu makan.

Sayangnya, penyajian makanan catering dengan bentuk prasmanan ini sering dianggap standar atau biasa oleh para tamu. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa memilih menu catering yang sesuai dengan lidah para tamu, atau memilih menu catering yang disukai oleh banyak orang, namun ada beberapa kesan mewah. Contohnya, untuk snack Anda bisa memilih menu yang sedikit mewah, sedangkan untuk makanan utama Anda bisa memilih menu sate, nasi goreng, bakso, soto dan yang lainnya.

Bagaimana dengan Catering Gubukan?

Catering gubukan sebenarnya adalah modifikasi catering masa kini yang menyajikan makanan pada meja terpisah untuk masing-masing menu. Contohnya, untuk gubuk 1 hanya berisi sop kikil, sedangkan gubuk nomor 2 hanya berisi soto, gubuk nomor 3 hanya berisi bakso dan lain sebagainya. Meja ini biasanya di dekorasi sehingga berbentuk depot. Inilah sebabnya penyajian catering ini disebut sebagai catering gubukan. Beberapa orang menyebut catering ini dengan istilah Joglo.

Penyajian jenis ini juga sering digunakan di kota-kota besar. Lantas, apa saja kelebihan catering dengan bentuk gubukan? Berikut beberapa diantaranya:

  • Memberi kesan mewah untuk pelengkap hidangan
  • Tamu dapat memilih mana gubuk yang mereka sukai
  • Tamu lebih mudah mencari menu yang ingin mereka santap.

Sayangnya, jenis penyajian catering gubukan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan prasmanan, selain itu Anda juga harus menyajikan menu yang begitu banyak, karena ditakutkan menu A, B, C menjadi menu yang laris, namun stocknya sedikit sehingga tamu akan kecewa. Selain itu karena berbentuk gubuk, perhitungan jumlah hidangan menjadi terkesan merepotkan.

Entah prasmanan atau pun gubukan, pastikan Anda memilih rekomendasi catering pernikahan yang terbaik untuk acara sakral Anda ini. Salah satu rekomendasi catering yang bisa diandalkan adalah cateringpernikahan.id. Coba saja langsung kunjungi webnya dan kontak untuk memesan.