Perhatikan dalam Mesin Cuci saat Bersihkan

  • Whatsapp
Perhatikan dalam Mesin Cuci saat Bersihkan

Mesin cuci merupakan aset penting dalam membuat atau menjalankan usaha laundry. Merawat mesin cuci begitu penting untuk menjaga kotoran yang bersaing dalam mesin agar tidak menumpuk. Karena mesin cuci yang sangat kotor dapat menghambat bekerjanya mesin cuci dengan baik.

Memperhatikan kebersihan mesin cuci dapat menjadi nilai plus dalam membangun usaha laundry yang lebih baik agar berjalannya proses laundry dapat dilakukan secara lancar tanpa ada gangguan adanya kendala karena cuci yang anda gunakan kotor hingga tidak dapat berjalan.

Lantas apa saja yang harus diperhatikan saat membersihkan mesin cuci laundry agar lebih awet saat digunakan? Berikut ini merupakan penjelas untuk membantu anda membersihkan mesin cuci yang akan digunakan.

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan saat Membersihkan Mesin Cuci Laundry

1.    Bagian tabung mesin cuci laundry

Bagian yang paling sering kita lihat adalah bagian tabung mesin cuci, dimana bagian mesin cuci laundry ini yang merupakan salah satu bagian yang berguna untuk membersihkan seluruh pakaian pelanggan laundry dari berbagai macam orang.

Sehingga anda dapat membersihkan bagian dalam tabung mesin cuci dengan menggunakan kain lap atau kain lembut yang sudah dibasahi sebelumnya dengan menggunakan air. Anda juga dapat menggunakan sedikit sabun cair untuk membantu membersihkan bagian tabung mesin cuci.

Perhatikan juga bagian karet di bagian atas mesin cuci yang biasa menyimpan banyak kotoran di sela-selanya. Setelah membersihkan bagian dalam mesin cuci, anda dapat membilasnya dengan menggunakan air bersih. Setelah itu anda dapat membersihkan bagian dalam pintu dengan kain lap yang sama.

2.    Selang tempat mengeluarkan air sisa cucian juga harus dibersihkan

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya dalam membersihkan mesin cuci laundry adalah bagian selang mesin cuci tempat mengeluarkan air setelah proses mencuci selesai. Selang air juga memungkinkan adanya lumut-lumut yang bersarang akibat adanya sisa deterjen. Sehingga anda juga harus membersihkan bagian selang mesin cuci.

3.    Perhatikan kebersihan laci deterjen

Laci deterjen juga tidak luput untuk dibersihkan karena bagian laci deterjen sering kotor akibat adanya serbuk-serbuk sisa deterjen bubuk maupun sisa deterjen cair yang berkerang di sekitar laci deterjen yang meninggalkan bekas.

Sehingga anda perlu membersihkan sisa deterjen tersebut dengan menggunakan air mengalir. Langkah pertama adalah anda lepaskan terlebih dahulu laci mesin cuci dengan menekannya dan mengeluarkannya hingga lepas, setelah itu anda alirkan air dan bersihkan seluruh bagian laci deterjen. Kemudian keringkan dengan lap.

4.    Filter yang biasanya terdapat di bagian dalam mesin cuci

Filter pada mesin cuci sangat berguna untuk membersihkan serat-serat baju yang menempel pada pakaian yang dicuci secara bersamaan. Sehingga baju yang dicuci akan lebih maksimal dalam proses membersihkannya. Filter juga dapat menyerap kotoran halus yang menempel pada pakaian.

Sehingga pada filter mesin cuci terdapat banyak kotoran yang menumpuk, anda perlu membersihkan bagian filter untuk proses mencuci yang lebih maksimal selanjutnya. Dengan cara membuka filter yang menempel pada mesin cuci lalu membuang kotoran yang menempel.

5.    Bagian luas atau badan ( body) mesin cuci

Langkah terakhir yang perlu diperhatikan dalam membersihkan mesin cuci adalah bagian luar mesin cuci. Dimana anda juga harus lebih memperhatikan kebersihan bagian luar mesin cuci agar terlihat bersih dari dalam dan luar mesin cuci. cukup menggunakan kain lembab, lap keseluruhan badan mesin cuci.

Untuk merawat mesin cuci anda dapat mempercayakan aplikasi laundry yang dapat mengendalikan dan melihat kinerja mesin cuci maupun mesin pengering laundry yang digunakan selama proses mengerjakan laundry.

Saku Laundry merupakan aplikasi untuk laundry yang memiliki sistem IOT laundry untuk mengontrol serta menghidupkan dan mematikan mesin lewat aplikasi guna melihat seberapa banyak pemakaian mesin cuci yang sudah dilakukan, untuk mengetahui kapan kiranya mesin cuci dapat melakukan service rutin.

Related posts