Mulai Berkenalan Dengan Investasi Reksadana Saham

  • Whatsapp
Investasi Reksadana Saham

Tantangan memasuki usia 20an adalah masalah keuangan, dimana mereka berdiri di persimpangan antara mengeluarkan uang untuk spending menikmati pengalaman baru dan tidak terulang lagi, seperti istilah You Only Live Once (YOLO) atau saving untuk keperluan jangka panjang dan mendapatkan kebebasan finansial. Hal ini tentunya menjadi dilema bagi kamu. Perlu menjadi catatan khusus kalau keuangan yang matang dan mapan perlu direncanakan sejak dini. Memenuhi gaya hidup terkini memang tidak ada nada habisnya, dan ini menjadi faktor utama generasi muda kesulitan dalam mengatur keuangan. Jangan sampai ketika memasuki usia yang tidak produktif, kamu tidak memiliki apa-apa.

Menabung dan berinvestasi dapat membantumu memenuhi masa depan finansial yang lebih baik. Menabung adalah proses menyimpan uang untuk kebutuhan atau tujuan jangka pendek yang dapat diambil kapan saja. Sedangkan investasi adalah proses mengembangkan uang yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Jenis investasi pun beragam ada yang memiliki jangka waktu pendek, menengah dan panjang dan tingkat resiko dalam berinvestasi sangat beragam. Salah satu instrumen investasi yang mudah dilakukan banyak orang karena modal awal yang minim adalah reksadana saham. Adapun resiko kerugian maupun keuntungan yang didapatkan akan dibagi secara rata kepada seluruh investor. Besar kecilnya keuntungan maupun resiko, tergantung dari jenis reksadana yang kamu pilih:

  • Reksadana pasar uang

Investasi reksadana pada instrumen pasar uang dalam negeri dengan jangka waktu tidak lebih dari satu tahun.

  • Reksadana pendapatan tetap

Investasi reksadana yang nilainya paling sedikit 80% dari asetnya dalam bentuk efek utang atau obligasi.

  • Reksadana campuran

Investasi reksadana yang ditempatkan pada beberapa efek sekaligus, yaitu saham, surat utang dan pasar uang.

  • Reksadana saham

Investasi reksadana saham merupakan investasi yang dimana nilainya paling sedikit yaitu 80% dalam bentuk saham.

Kini kamu dapat memulai investasi reksadana saham dengan melakukan pembelian reksadana langsung dari Manajer Investasi atau membeli lewat agen (bank) atau melalui platform online yang disetujui OJK dan salah satunya dengan aplikasi digibank reksadana yang menyediakan sajian lengkap investasi ala rumah makan padang. Pilihan  kategori reksadana berkinerja baik, terpopuler dan scoring terbaik. Bagi kamu yang baru memulai investasi reksadana, bisa dimulai dari Rp 100.000 pada aplikasi digibank. Investasi reksadana pada produk tertentu, seperti reksadana pasar uang, reksadana saham dan lainnya dapat dilakukan pembelian secara berkala dan flexible. Pembelian, jual dan switch semua dapat dilakukan dalam satu aplikasi, sehingga memudahkan kamu bertransaksi dimana saja dan kapan saja agar keuntungan yang kamu dapatkan maksimal.

Keamanan investasi reksadana di aplikasi digibank prosesnya 100% digital di bank teraman Asia yaitu Bank DBS. Kalau kamu sudah terjun investasi, komitmen, konsisten dan disiplin sangat dibutuhkan. Tingkatkan cara berinvestasi kamu dengan ragam produk lainnya seperti obligasi pasar perdana dan sekunder hingga rekening dan deposito valas. Mumpung masih muda, kerja keras diimbangi dengan kerja cerdas melalui investasi agar tujuan keuangan kamu dapat tercapai.

Related posts