Gigi BungsuPada umumnya orang dewasa memiliki jumlah gigi 32. Pada usia 17 tahun sampai dengan 25 tahun, maka akan tumbuh gigi bungsu yang akan mengisi kekosongan dalam ruang gigi anda. Dinamakan dengan sebutan gigi bungsu karena gigi ini yang paling terakhir tumbuh. Gigi bungsu terletak pada bagian mulut paling belakang yang berjumlah 4 gigi. Empat gigi tersebut akan tumbuh pada dua gigi di rahang atas ada dua gigi terletak pada rahang bawah.

Pada saat tumbuhnya gigi bungsu, pada setiap orang akan terasa menyakitkan. Namun tidak semua orang akan mengalami pertumbuhan gigi bungsu. Jadi sangatlah beruntung bagi mereka yang tidak mengalami rasa sakit saat tumbuhnya gigi bungsu. Ada beberapa penyebab mengapa pada saat tumbuhnya gigi bungsu terasa menyakitkan. Berikut adalah ulasannya mengenai sakitnya saat gigi bungsu mulai tumbuh.

Penyebab tumbuhnya Gigi Bungsu Terasa Sakit

Sebenarnya pertumbuhan gigi bungsu tidak semuanya selalu menimbulkan masalah. Karena bila pada saat gigi bungsu mulai tumbuh dan ada cukup rung dalam gusi, maka kita tidak akan merasakan sakit. Orang yang merasakan sakit karena tumbuhnya gigi bungsu. Itu disebabkan karena tidak ada rung pada gusi, jadi gigi bungsu memaksa untuk keluar.

Alasan lain mengapa pada saat tumbuhnya gigi bungsu kita merasakan sakit adalah ketika gigi bungsu bertabrakan dengan gigi di depannya. Pada lapisan gusi yang tertabrak itu akan mengalami luka dan dapat terinfeksi oleh bakteri. Luka tersebut karena sudah mengalami infeksi akan menyebabkan membengkaknya kebengkakan. Hal itu yang menyebabkan rasa sakat pada gigi.

Pengobatan Rasa Sakit Saat Tumbuhnya Gigi Bungsu

Menurut para dokter pada saat gigi bungsu mulai tumbuh, menyarankan agar segera mencabut gigi tersebut sebelum keluan itu berubah menjadi masalah besar. Para ahli bedah gigi atau dokter gigi biasanya akan membuka jaringan gusi di atas gigi bungsu dan selanjutnya akan mencabut gigi yang bermasalah tersebut. Akan tetapi bila anda sudah telanjur sudah terkena infeksi maka pencabutan gigi yang bermasalah itu menunggu sampai infeksi hilang. Pada saat menunggu infeksi itu hilang ada beberapa tips untuk meredam rasa sakit yang ditimbulkan oleh pertumbuhannya gigi bungsu. Berikut adalah tips-tips untuk anda saat merasakan sakit karena infeksi tersebut.

  • Berkumur Dengan Air Garam

Pada saat anda merasakan sakit saat tumbuhnya gigi bungsu, berkumur lah dengan air garam hangat. Ini merupakan salah satu cara untuk meredam rasa sakit anda. Anda cukup melarutkan satu sendok the garam pada satu cangkir air hangat. Aduk merata sampai garam terlarut dengan air, selanjutnya tinggl anda berkumur dengan air tersebut.

  • Menggunakan Obat Kumur

Tips yang ke dua anda bisa menggunakan obat kumur antibakteri, pastikan obat kumur tersebut mengandung chlorhexidine. Ini juga bisa mengurangi rasa sakit anda akibat peradangan gusi.

  • Kompres Dengan ES

Dengan mengompres pada bagian pipi anda dengan menggunakan ES batu selama 15 menit sampai 20 menit bisa meredakan rasa sakit. Tetapi awas jangan mengompres dengan menggunakan air panas, karena itu tidak akan mengurangi rasa sakit

  • Menggunakan Obat Penghilang Nyeri

Tips yang terakhir untuk mengatasi rasa sakit saat tumbuhnya Gigi Bungsu adalah dengan mara meminum obat penghilang nyeri. Obat-obat penghilang nyeri sangatlah bayak dan mudah anda dapatkan. Akan tetapi bila rasa sakit itu tidak kunjung hilang sebaiknya anda datang ke dokter gigi untuk memeriksakan gigi anda dan juga akan mempercepat penyembuhan.