Masjid Terindah di Indonesia, Nomor 2 Desainnya Unik Banget!

Indonesia menjadi salah satu negara mayoritas muslim. Tentu menjadi hal wajar jika Indonesia memiliki sejumlah masjid terindah apalagi di dalam masjidnya sudah tersedia jam digital masjid yang bagus dan juga tentunya mempercantik dalam masjid.

Salah satu yang disebut masjid terindah adalah Masjid Istiqlal. Namun ternyata masjid yang indah itu banyak.

1. Masjid Agung Baiturrahman, Banda Aceh

Terletak di jantung Provinsi Aceh, masjid ini selamat dari tsunami dahsyat pada tahun 2004. Setelah melakukan renovasi, masjid ini tetap mempertahankan desain aslinya dengan kubah besar dan fasad monokromatik berkelas. Selain itu, tampilan baru masjid ini memiliki menara hidrolik berbentuk payung, dan kolam baru di halaman depannya.

2. Masjid Al-Irsyad, Bandung

Sepintas orang tak menyangka kalau bangunan ini merupakan masjid sebab bentuknya yang seperti kubus. Masjid berdesain kubus minimalis futuristik ini memang bentuknya berbeda dengan masjid pada umumnya. Masjid ini dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ia masih jadi Wali Kota Bandung. Desain masjid ini menerapkan konsep lanskap terbuka dengan kedekatan dengan alam dan mendapatkan pencahayaan alami. Terdapat simbol-simbol Islam dalam detailnya, seperti 99 bola lampu untuk 99 nama Allah, masing-masing dihiasi dengan sifat-sifat Allah. Masjid ini unik banget ya!

3. Masjid Islamic Center Samarinda, Samarinda

erletak di tepi sungai Mahakam, masjid ini telah menjadi landmark ikonik Samarinda, Kalimantan Timur. Merupakan mahakarya arsitektur yang mengesankan, dengan tujuh menara yang menjulang tinggi dan kubah utama yang menakjubkan, dihiasi dengan pola bunga, terinspirasi oleh Haghia Sophia di Istanbul, Turki.

Lantai keramiknya yang berbatasan dengan granit memberikan kesan mewah pada interiornya. Kompleks masjid yang luas juga membuat pemandangan menakjubkan ketika dilihat dari Jembatan Mahakam di dekatnya.

4. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Terletak di Ibu Kota Jawa Tengah, Semarang, kompleks masjid ini mencakup tiga bangunan utama dalam formasi U. Menciptakan halaman yang luas dengan masjid di salah satu ujungnya. Menggabungkan prinsip-prinsip desain Jawa, atap pusat menyerupai rumah tradisional lokal, tetapi juga melambangkan langkah-langkah menuju kehadiran Allah. Tempat ini juga berfungsi sebagai tujuan wisata, dengan museum, pusat konvensi, kafe, dan hotel di dalam kompleknya.

5. Masjid At-Tin, Jakarta

Masjid At-Tin dibangun atas prakarsa anak cucu Soeharto dan didedikasikan kepada Fatimah Siti Hartinah (Ibu Tien) yang merupakan istri Soeharto, mantan Presiden Republik Indonesia. Terinspirasi dari surat Al-quran, At-Tin bermakna makanan yang penuh gizi, manis, dan menyehatkan. Masjid yang mampu menampung sekira 10000 jamaah itu pun diresmikan pada tahun 1999, setelah Ibu Tien meninggal dunia.

Selain terinsiparasi dari surat At-Tin tentunya, nama tersebut disematkan kepada Almarhumah Ibu Tien sebagai rasa cinta anak cucunya kepada beliau yang diwujudkan dalam sebuah bangunan masjid. Masjid yang diarsiteki oleh Fauzan Ma’mun dan Ahmad Ma’mun ini sangat berbeda dengan masjid pada umumnya. Perpaduan budaya nusantara dan modern makin menambah kemegahan dan nilai religius.