Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp
Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Tubuh

Hidup sehat merupakan anjuran yang sangat lazim bagi kita lakukan agar kita hidup tetap bugar sampai masa tua. Berolahraga adalah salah satu cara hidup sehat yang paling sering dilakukan. Mulai dari jogging, angkat beban, hingga bersepeda. Bersepeda saat ini sangat digandrungi oleh masyarakat indonesia, karena bisa berolahraga dengan mudah dan menyenangkan. Bersepeda merupakan olahraga yang sehat yang dapat dinikmati semua usia, dari anak kecil hingga orang dewasa yang lebih tua. Bersepeda juga murah dan bagus untuk lingkungan karena tidak mencemari lingkungan. Sepeda juga mempunyai keunggulan lain, seperti memiliki efek samping yang cukup rendah, Latihan otot yang baik, mudah dilakukan. baik untuk kekuatan dan stamina, bersepeda juga bisa menjadi moda transportasi saat kita beraktivitas sehari-hari. Sehingga olahraga ini bisa dibilang olahraga yang memiliki banyak keunggulannya.[1]

Selain keunggulannya, bersepeda juga dinilai mempunyai banyak manfaatnya, terutama bagi kesehatan tubuh di masa pandemi ini. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan ketika kita bersepedah:

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Kardiovaskuler dan Pembuluh Darah

Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

  • Mengurangi Resiko Diabetes

Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab diabetes. Bersepeda adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengurangi risiko diabetes. Biasanya aktivitas fisik jarang dilakukan karena kita tidak punya waktu dengan alasan sibuk bekerja. Maka dari itu, mari mulai berangkat kerja menggunakan sepeda. Baik untuk kesehatan dan efisien secara waktu.

  • Menjaga Berat Badan

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengendalikan atau menurunkan berat badan, karena bersepeda dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh. Bersepeda membantu kita untuk memastikan bahwa pengeluaran energi lebih besar daripada asupan energi, karena kita membakar kalori saat sedang bersepeda.

  • Menurunkan Resiko Kanker

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa manfaat olahraga sepeda yang bisa didapatkan adalah mengurangi risiko kanker. Studi itu menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

  • Mengurangi Stress

Manfaat melakukan aktivitas fisik, termasuk bersepeda, akan membuat tubuh kita memproduksi hormon dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga dapat mengurangi stres, atau bahkan depresi yang kita alami. [4]

  • Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

David Nieman dan rekan-rekannya di Appalachian State University mempelajari 1.000 orang dewasa hingga usia 85 tahun. Mereka menemukan bahwa manfaat olahraga sepeda memiliki khasiat besar pada kesehatan sistem pernapasan bagian atas – sehingga mengurangi risiko flu biasa. Nieman mengatakan: “Orang-orang dapat mengatasi badan sakit sekitar 40 persen dengan berolahraga secara aerobik di sebagian besar hari dalam seminggu, sementara pada saat yang sama menerima banyak manfaat kesehatan terkait latihan lainnya.” Sementara Profesor Tim Noakes, ahli olahraga dan olahraga di Universitas Cape Town, Afrika Selatan, juga mengatakan kepada bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh  dengan meningkatkan produksi protein penting dan membangun sel darah putih. [3]

Manfaat bersepeda sangatlah banyak, terutama bagi kesehatan tubuh kita. Ada pepatah mengatakan lebih baik mencegah daripada mengobati, merupakan pepatah yang sangat tepat untuk penggambaran hidup sehat dengan bersepeda, Karena bisa menurunkan resiko dari beberapa penyakit yang cukup mematikan. Bersepeda harus dibarengi dengan pola makan yang sehat, dan minum air putih secara rutin, agar dampak yang ditimbulkan bisa lebih maksimal. Untuk air putih yang akan kita minum, kita harus selektif dalam memilihnya, karena kita tidak tahu kandungan apa yang ada di air minum kita. Jadi wajib kita harus mengetahui sumber air minum tersebut, serta kualitasnya. Sumber air AQUA berasal 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia yang membentang dari Sabang hingga Merauke. AQUA memilih sumber air pegunungan terbaik, dari sumber air lapisan tanah dalam. AQUA juga merawat lingkungan sekitar untuk menjaga kelestarian sumber air, seperti penanaman lebih dari 2 juta pohon dan perlindungan 10 hektar tanah di sekitar sumber air, agar alam dapat terus mengalirkan kebaikan untuk kita. Kebaikan dari alam dibotolkan langsung di sumbernya, melalui cara yang intensif namun efektif dengan pengawasan secara real time untuk menjaga kualitas terbaik saat produksi dan pengemasan hingga kebaikannya sampai di tangan kita. Setelah mengetahui ciri kualitas air minum yang baik, sekarang menerapkan gaya hidup sehat dengan cukup minum air sesuai kebutuhan tubuh pun semakin mudah dilakukan. Pilih AQUA, karena hanya AQUA lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

  1. https://health.kompas.com/read/2020/06/04/120000168/sayang-dilewatkan-ini-5-manfaat-bersepeda-untuk-kesehatan?page=all#:~:text=Bersepeda%20adalah%20cara%20yang%20baik,jam%20membantu%20membakar%20300%20kalori.
  2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/manfaat-bersepeda-bagi-kesehatan/#gref
  3. https://doktersehat.com/manfaat-bersepeda-setiap-hari-bagi-tubuh-untuk-diet-wanita/

Related posts