Lupakan Cara Old School! Ini Cara Paling Mudah dan Cepat Membuat Laporan Penjualan

  • Whatsapp
aplikasi pencatatan penjualan

Aplikasi pencatatan penjualan adalah salah satu terobosan terbaru dalam hal pencatatan laporan penjualan bisnis. Sebuah aplikasi yang memang dikhususkan untuk mempermudah pembuatan laporan penjualan. Aplikasi ini secara otomatis akan langsung membuat laporan penjualan jika terjadi transaksi.

Selama ini laporan penjualan biasanya dibuat secara manual. Selain memakan waktu, pembuatannya pun harus sangat teliti. Jika tidak beras kemungkinan laporan yang dibuat menjadi kurang akurat.

Namun berbeda jika pembuatan laporan penjualan ini diserahkan pada software pencatatan penjualan. Selain lebih cepat, keakuratannya pun sangat terjamin. Sehingga evaluasi perkembangan bisnis Anda pun akan lebih akurat.

Jenis-jenis Laporan Penjualan

Penting untuk dipahami jika laporan penjualan sendiri memiliki beberapa jenis. Dan berbeda jenis, maka berbeda pula cara pembuatannya. Hal inilah yang terkadang membutuhkan waktu ketika membuat laporan penjualan.

Artinya membuat laporan penjualan tidaklah sesimpel yang selama ini dibayangkan banyak orang. Bahkan sebenarnya butuh kompetensi tersendiri untuk membuatnya. Namun berita baiknya adalah tampaknya semua itu tidak akan menjadi permasalahan lagi.

Apalagi untuk pebisnis yang sudah menggunakan aplikasi pencatatan penjualan. Hal ini dikarenakan aplikasi ini akan melakukan semua catatan penjualan yang terjadi secara otomatis. Artinya Anda tidak perlu capek-capek lagi membuat laporan penjualan secara manual.

Namun terlepas dari itu semua, sebagai pebisnis penting untuk tahu apa saja jenis dari laporan penjualan. Paling tidak bisa dijadikan sebagai bekal pemahaman Anda selama menjalankan bisnis nantinya. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis dari laporan penjualan:

  1. Laporan Penjualan Rangkuman

Laporan penjualan model rangkuman ini di dalamnya berisi informasi dan transaksi penjualan baik secara tunai maupun non-tunai.

  1. Laporan Penjualan Per Konsumen

Laporan penjualan per konsumen ini di dalamnya berisi semua transaksi penjualan setiap konsumen. Dengan adanya laporan penjualan seperti ini akan terlihat total penjualan untuk masing-masing konsumen.

  1. Laporan Penjualan Per Salesman

Laporan ini berisikan informasi atau data tentang jumlah barang yang berhasil dijual salesman ke pelanggan. Selain itu juga akan terlihat barang apa saja yang sudah dibeli oleh para pelanggan.

  1. Laporan Penjualan Terperinci

Berbeda dari laporan-laporan penjualan sebelumnya, laporan penjualan ini menyajikan informasi yang lebih detail dan terperinci. Tentunya semua informasi atau data yang berkaitan dengan seluruh penjualan.

Nah, jadi seperti itulah beberapa jenis laporan penjualan yang umumnya dibuat oleh para pebisnis. Semuanya tentu memiliki maksud dan tujuan masing-masing. Namun yang pasti jangan sampai Anda salah dalam membuat laporannya.

Cara Mudah Membuat Laporan Penjualan

Sumber utama dari laporan penjualan adalah pencatatan penjualan. Artinya jika pencatatan penjualan tepat, maka laporan penjualannya pun akan akurat. Namun terkadang yang namanya manusia pasti melakukan kesalahan.

Nah, hal seperti inilah yang cukup membahayakan. Pastinya Anda tidak ingin bisnis rugi lantaran ada kesalahan elementer seperti ini. Maka dari itu sudah selayaknya harus memikirkan cara terbaik untuk urusan pencatatan penjualan.

Kenapa Anda tidak berpikir untuk memanfaatkan software pencatatan penjualan saja? Sebuah aplikasi yang memang sudah terbukti keakuratannya dalam mencatat semua transaksi penjualan. Atau bisa dikatakan sebagai cara paling mudah dan efektif duntuk pencatatan penjualan bisnis.

Apalagi kini sudah ada cukup banyak pilihan software pencatatan penjualan yang bisa dipilih. Artinya Anda tinggal memilih yang sekiranya bisa membantu dalam manajemen bisnis Anda. Pilihlah aplikasi pencatatan penjualan yang memiliki fitur paling lengkap dari Youtap.id. Download sekarang aplikasinya di Google Play Store dan App Store!a

Related posts