Lebih Mudah Bayar Pajak Motor Online dengan Aplikasi LinkAja

  • Whatsapp
Bayar Pajak Motor Online dengan Aplikasi LinkAja

Kemudahan transaksi online sebagai dampak dari kemajuan teknologi ternyata juga membawa dampak yang positif dan juga manfaat yang banyak juga. Apalagi saat ini kita dalam situasi yang membingungkan (pandemi). Serta sudah adanya himbauan dari pemerintah untuk mengurangi kontak fisik demi mencegah penyebaran virus.

Proses pembayaran juga akan jauh lebih mudah, aman, dan praktis serta sangat cepat dibandingkan dengan cara manual atau konvensional. Transaksi online ini juga berlaku saat kamu ingin membayar pajak motor atau juga hanya sekedar ingin tahu atau hanya cek pajak kendaraan online. Bukan hanya mudah dan aman, kelebihan lain dari bayar pajak online adalah bisa menghindarkan pemilik kendaraan dari telat membayar pajak.

Read More

Hal yang penting sebelum membayar pajak hanyalah memastikan bahwa yang membayar tersebut adalah pemilik STNK aslinya. Jika kamu membeli kendaraan bermotor second atau bekas dan belum balik nama maka kamu tidak bisa melakukan pembayaran pajak motor online.

Mungkin kamu bertanya tanya bagaimana dengan STNK baru, karena biasanya jika kita membayar pajak dengan datang langsung ke kantor Samsat maka setelah kita melakukan proses pembayaran STNK baru akan kita dapatkan. Terus jika kita membayar pajak dengan cara online bagaimana STNK baru kita dapatkan? Tenang saja kamu tidak perlu khawatir tentang STNK baru, kamu akan mendapatkan STNK baru yang akan dikirimkan ke alamat yang tertera di STNK serta tanpa di kenakan biaya ongkos kirim.

Sungguh sangat memudahkan sekali bukan, udah praktis cepat, aman dan tidak akan membuang waktu untuk mengantri. Sehingga kamu juga akan lebih aman tidak melakukan kontak dengan orang lain di luar rumah. Dengan adanya layanan ini kamu akan bisa meminimalisir kontak dengan orang lain dan akan terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

Berikut dibawah ini ada beberapa cara membayar pajak motor secara online yang bisa kamu pilih.

Metode Bayar Pajak Motor dengan Online

Menggunakan Samsat Online Nasional

Sebelum kamu akan membayar pajak kendaraan bermotor dengan cara online, kamu harus menyiapkan BPKB asli dan fotokopi, KTP pemilik kendaraan asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi. Berikut cara melakukan pembayaran dengan menggunakan Samsat Online Nasional.

Unduh Samsat Online Nasional kemudian daftarkan diri dengan mengisi segala informasi yang diperlukan, jika sudah kamu bisa langsung lanjutkan. Jika ini sudah kamu ikuti dengan benar dan baik maka akan muncul informasi kendaraan kamu dan juga biaya yang harus di bayarkan. Dan akan muncul kode bayar yang hanya berlaku dua jam, jika kamu melewati untuk segera membayar maka kamu akan gagal dalam proses ini. Maka kamu harus mengikuti langkah dari awal jika kamu ingin mengulangi. Jika pembayaran berhasil maka akan muncul e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK dengan masa berlaku 30 hari

Cara Bayar Pajak Motor dengan Aplikasi LinkAja

Unduh aplikasi LinkAja, kemudian kamu bisa lakukan daftarkan diri kamu, setelah itu isi saldo LinkAja, klik menu lainnya pilih menu “pajak” dan pilih jenis pembayaran pajak kendaraan bermotor sesuai domisili, masukan NIK, nomor polisi kendaraan, dan nomor mesin, kemudian periksa informasi yang muncul sesuai dengan detail kendaraan kamu biasanya sesuai STNK serta muncul informasi biaya pajak yang harus dibayar, kemudian kamu masukan PIN LinkAja kamu, jika pembayaran berhasil maka akan ada notifikasi yang dikirim melalui SMS yang berisi bukti pembayaran berhasil dan juga pengesahan elektronik. Setelah itu kamu bisa cek dari rumah saja atau bila kurang percaya bisa cek langsung ke Samsat terdekat.

Aplikasi LinkAja bukan hanya untuk cek pajak kendaraan online dan juga bayar pajak kendaraan bermotor, namun juga bisa bayar tagihan lainnya seperti tagihan telepon, tagihan TV berlangganan dan lain sebagainya.

Related posts