Lakukan 3 Cara Ini Biar Gaji Kamu Nggak Cepat Habis!

  • Whatsapp
Deposito, Deposito Online

“Duh pusing deh…baru aja seminggu gajian tapi kok sisa uang di tabungan udah tipis banget yah?”

Pernah nggak kamu mengalami hal serupa? Baru gajian tapi uang bertebaran entah ke mana. Alhasil, kamu musti hidup ngirit banget sampai ketemu tanggal gajian berikutnya…which is masih lama banget.

Banyak orang memang nggak sadar pentingnya mengelola keuangan dengan baik. Gaji sebanyak apapun, kalau kita nggak pandai mengaturnya pasti bakal habis tanpa jejak. Nggak mau kan sampai kejadian seperti itu? Makanya, simak yuk tips-tips berikut ini!

  1. Buat anggaran pengeluaran bulanan sebelum gajian tiba

Ini penting lho, karena biasanya akan berbeda membuat daftar pengeluaran sebelum dan sesudah kita memegang uang. Kalau habis gajian, godaannya banyak! Ya ada promo Harbolnas-lah di marketplace, diskon akhir tahun-lah di mall-mall, sampai pengen belanja make-up karena ada promo buy 1 get 1 free.

Lain halnya saat kamu membuat rencana pengeluaran sebelum gajian. Kamu akan lebih objektif melihat mana saja yang merupakan kebutuhan, dan mana yang hanya merupakan keinginan saja. Contoh rencana anggaran yang bisa kamu buat adalah sebagai berikut:

Misalnya, gaji kamu per bulan adalah sebesar Rp 10.000.000,-. Nah, kamu bisa bikin tabel rencana pengeluaran seperti berikut ini:

No Jenis Pengeluaran Persentase Nominal
1. Kirim ke orang tua 10% Rp 1.000.000,-
2. Tabungan 10% Rp 1.000.000,-
3. Zakat & Sedekah 5% Rp  500.000,-
4. Tagihan Listrik & Telepon 5% Rp  500.000,-
5. Belanja Dapur 5% Rp  500.000,-
6. Belanja Pakaian 5% Rp  500.000,-
7. Cicilan Mobil 10% Rp 1.000.000,-
8. Cicilan Rumah 20% Rp 2.000.000,-
9. Bensin 5% Rp  500.000,-
10. Uang Pegangan Selama Sebulan 10% Rp 1.000.000,-
11. Makan di luar & Cemilan 5% Rp  500.000,-
12. Investasi 10% Rp 1.000.000,-

Tabel di atas cuma contoh ya, jadi besaran persentase dan nominalnya bisa kamu sesuaikan dengan pendapatan bulanan kamu. Tapi yang penting kamu sudah ada gambaran ya kan? Begitu kira-kira rencana anggaran yang wajib kamu buat setiap bulannya sebelum gajian. Dengan demikian, nggak ada lagi tuh ceritanya uang bisa tiba-tiba habis hanya beberapa hari setelah gajian.

  1. Taati rencana anggaran tersebut

Percuma dong kalau kamu sudah bikin rencana anggaran dengan rapi dan teliti, tapi lantas nggak kamu laksanakan. Seperti yang tadi kita bahas, godaannya memang besar kalau menyangkut urusan uang. Adaaaa saja keinginan buat shopping atau pengeluaran lain yang sifatnya konsumtif. Nah, saat menghadapi godaan semacam ini kamu harus tahan ya! Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena kebablasan belanja.

  1. Cari investasi yang cocok

Kamu lihat kan di bagan poin satu tadi, ada alokasi anggaran untuk investasi sebesar 10%. Nah, pasti kamu langsung mikir: “Memang ada ya, investasi dengan nominal segitu? Bukannya investasi itu harus siap dana puluhan juta rupiah?”

Eits, siapa bilang? Ada kok investasi yang memungkinkan kamu untuk menyetor dana sebesar minimal Rp 1 juta, yaitu deposito di digibank by DBS.

Terus, selain jumlah setoran yang ringan tadi, apa saja keuntungan berinvestasi di deposito online digibank by DBS?

  1. Tenor waktu yang Anda pilih bisa mulai dari 1 bulan
  2. Bunga investasi deposito kompetitif, hingga 4,5% per tahun
  3. Setoran investasi deposito bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS

Asyik kan? Kamu nggak perlu repot-repot memikirkan hal-hal lainnya. Cukup buka deposito di Aplikasi digibank by DBS dan tunggu sampai masa periode investasi yang kamu pilih selesai, maka kamu pun bisa mengambil deposito berikut keuntungannya. Tapi ingat, jangan sampai kamu mencairkan sebelum jatuh tempo ya, soalnya nanti kamu bisa kena penalty. Sayang kan kalau kamu malah tidak bisa mendapatkan keuntungan?

Nah, itu tadi 3 cara supaya kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih baik, dan gaji kamu nggak cepat habis. Semoga informasi ini membantu ya, dan kamu nggak harus hidup from paycheck to paycheck lagi. Untuk informasi lebih lengkap mengenai investasi deposito dari digibank by DBS, kamu bisa kunjungi website-nya atau follow akun Instagram @dbsbankid.

Related posts