Jual Iga Sapi dengan Beragam Olahan

  • Whatsapp
Jual Iga Sapi

Ketersediaan bahan protein saat ini sangat mudah ditemukan, salah satunya di jual iga sapi yang menyediakan berbagai jenis sapi dengan kualitas bagus.

Bukan hanya bentuk curah, saat ini sudah ada yang kemasan dan dijual bebas dipasaran. Sebelumnya pastikan memilih sesuai dengan kebutuhan mulai dari jenis, berat, dan takaran.

Waktu Terbaik untuk Marinasi Setiap Jenis

Marinasi Sendiri merupakan teknik untuk mengempukkan daging dengan bahan tambahan. Misalnya nanas, cuka, tomat, jeruk, garam, teh, kopi, atau lainnya. Lalu kapan waktu yang tepat?

  1. Bagian Iga yang Alot

Jenis sapi sendiri terdiri dari beberapa ras sehingga membuatnya berbeda cara pengolahannya untuk mencapai tingkat kematangan sempurna. Meskipun empun namun teksturnya harus tetap ada.

Bagian yang alot memerlukan waktu marinasi sekitar 4 menit dan paling maksimal adalah 12 jam. Semakin lama waktu tersebut amak akan meresap, namun perlu diperhatikan tingkat keempukannya.

Terlalu lama proses perendaman akan membuat daging semakin lumer dan bisa saja rusak. Sebelumnya sesuaikan dengan metode pengolahan nantinya.

  1. Bagian Iga yang Empuk

Daging iga yang sudah empuk sebaiknya jangan terlalu lama saat proses marinasi, karena membuatnya semakin lumer apalagi jika akan dibuat untuk steak.

Oleh karena itu, patikan tingkat kematangannya pas dan tidak over. Untuk waktu yang diperlukan yaitu minimal 20 menit dan maksimal 12 jam.

Caranya yaitu siapkan bahan yang akan digunakan untuk marinasi, kemudian balurkan ke dalam daging selanjutnya diamkan. Pilihan bahan yang mudah ditemukan namun jangan berlebihan.

Beberapa Makanan Modern Iga Sapi

Olahan iga saat ini semakin beragam, hal ini karena banyaknya pengusaha kuliner yang terus berinovasi. Yaitu untuk mendapatkan resep baru yang menggugah, berikut beberapa diantaranya:

  • Nasi Goreng Rawon Iga

Nasi goreng merupakan salah satu masakan yang banyak digemari masyarakat berbagai kalangan. Saat ini tercipta inovasi yang dicampur dengan iga sebagai penambah citarasa.

Bahan dan cara masaknya membutuhkan kesabaran karena cukup panjang. Masakan khas tentu harus terdiri dari rempah-rempah untuk memperkuat rasanya seperti sereh, jahe kunyit dan kencur.

Sebenarnya yang cukup sulit adalah membuat rawonnya, namun olahan tersebut yang akan membuat nasi goreng semakin menarik. Pastikan cara memasaknya sesuai langkah-langkahnya.

  • Iga Lekoh

Iga lekoh merupakan kreasi masakan pedas yang memberi daya tarik tersendiri untuk para pecintanya. Kuahnya hanya sedikit namun bumbu serta rempahnya meresap sampai ketulang.

Proses memasaknya menerapkan teknik ungkep, tujuannya untuk membuat semua bumbunya dapat meresap dalam serat dagingnya secara keseluruhan. Rempah yang mendominasi adalah kunyit.

Bahan tersebut digunakan untuk membuat masakan berwarna kuning, selain itu ditambah dengan cabai merah besar dan rawit. Fungsinya untuk menambah cita rasa pedas.

  • Iga Bakar Jeletot

Jenis ini mungkin masih asing, namun terikat rasa tentu nikmat karena bumbu pedasnya meresap dengan baik di dalam dagingnya. Proses memasaknya menerapkan metode pemanggangan.

Pemanggangan tersebut bisa menggunakan oven, alat khusus, maupun dengan arang. Bahan yang mendominasi adalah kecap untuk melumuri bagian luarnya.

Sebelum dipanggang iga harus dilumuri bumbu terlebih dahulu, karena jika tidak maka rasanya kurang meresap. Biasanya disajikan dengan tambahan sayur seperti selada, kemangi, serta tomat.

Demikian penjelasan terkait waktu marinasi serta beberapa jenis masakan modern dari jual iga sapi yang dapat menjadi informasi. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Related posts