Produk asuransi jiwa pada dasarnya memang sudah hadir di tengah-tengah masyarakat sejak dulu. Dengan fungsi sebagai proteksi atau perlindungan terhadap diri sendiri dan juga keluarga. Hanya saja peminatnya dulu belum sebanyak saat ini. sekarang ini ada banyak sekali yang sudah mulai sadar akan pentingnya produk asuransi jiwa. Sehingga jumlah pendaftarnya sendiri juga semakin tinggi karena banyak yang telah merasakan manfaatnya. Asuransi jiwa sendiri terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah produk asuransi jiwa murni dan juga unitlink.

Agar tidak salah dalam memilih, maka sangat penting bagi Anda di dalam mengenal perbedaan antara keduanya terlebih dahulu. Beberapa orang saat ini mungkin mengambil produk asuransi dengan alasan ingin mendapatkan keuntungan dari sana, bukan sekedar sebagai bentuk tabungan perlindungan diri, sehingga lebih memilih untuk menggunakan yang jenisnya unitlink, dimana ia disertai dengan adanya investasi.

Hanya saja ada beberapa kalangan yang jauh lebih prefer terhadap manfaat perlindungannya saja, sehingga memutuskan membeli asuransi jiwa murni, jenis yang satu ini sebenarnya menawarkan banyak sekali keuntungan, meskipun tidak ada manfaat investasi di dalamnya, diantaranya adalah:

  1. Premi yang ditawarkan nilainya lebih murah, berbicara mengenai nilai premi yang harus dibayarkan dari jenis asuransi jiwa ini, memang lebih murah, karena tidak ada tambahan biaya untuk kebutuhan investasi di dalamnya. Sehingga nantinya tidak akan melubangi pengeluaran bulanan Anda.
  2. Uang pertanggungjawaban yang diberikan juga tetap tinggi, jika asuransi jiwa unitlink nantinya premi yang dibayarkan akan dibagi, satunya dipakai untuk investasi, jika investasi gagal sudah pasti nilainya juga akan semakin turun. Namun untuk yang satu ini tidak, semua uang premi yang dibayarkan tersebut ditujukan untuk kebutuhan perlindungan atau istilahnya adalah proteksi, sehingga nantinya uang jaminan pertanggungjawaban yang diberikan juga tetap besar nilainya.
  3. Pembayaran premi tidak harus dilakukan seumur hidup, melainkan ada jangka waktu yang dapat dipilih menyesuaikan kebutuhan nasabahnya sendiri, mulai dari 5 tahun sampai dengan 20 tahun. Sehingga ada kemungkinan tertanggung nantinya masih hidup dan bisa melakukan pencairan dana klaim asuransi tersebut.

Hanya saja di satu sisi jenis asuransi tersebut juga memiliki beberapa kelemahan, salah satu diantaranya jika dilihat dari segi pengajuan klaimnya. Jika sampai nantinya klaim tidak diajukan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, secara otomatis uang premi yang selama ini sudah dibayarkan akan langsung hangus. Pastinya sangat rugi bukan, jika uang yang sudah ditabung selama ini menjadi milik pihak asuransi sepenuhnya hanya karena tidak segera dilakukan klaim. Belilah asuransi jiwa murni hanya pada lembaga penerbit yang tepat. Seperti diantaranya Anda bisa membeli langsung di Asuransi Astra.