Inilah Cerita Rakyat Nusantara yang Melegenda Sekaligus Pesan Moralnya

  • Whatsapp
Cerita Rakyat Nusantara

Cerita rakyat merupakan cerita yang sangat menarik dan juga mitos dari suatu daerah tertentu. Di negeri ini banyak sekali cerita rakyat yang bisa kamu baca dari Sabang hingga Merauke. Jumlah cerita rakyat ini rasanya tidak terhitung jumlahnya, karena di hampir setiap destinasi wisata selalu ada saja ceritanya.

Karena cerita rakyat yang menarik, pada pada bagian ini akan dijelaskan secara singkat dan juga pesan moralnya. Penambahan dari pesan moral ini agar para pembaca bisa mengambil pelajaran dari cerita yang melegenda tersebut.

Bawang Merah Bawang Putih

Cerita satu ini merupakan suatu cerita yang berasal dari Riau dan terkenal hingga pelosok negeri ini. Dalam kisah tersebut bawang merah punya watak yang jahat sedangkan bawah putih punya kepribadian yang sangat baik. Pada suatu waktu bawang putih diberi labu emas oleh seorang tak dikenal dan seperti nenek-nenek.

Ketika pulang dan bawang merah melihatnya, ia pun merasa iri dan tidak mau bawang putih lebih unggul darinya. Akhirnya ini meminta labu tersebut secara paksa dari bawang putih dan ternyata setelah dipegang oleh bawang merah, labu ini menjadi ular yang besar. Dari itu pesan moralnya menunjukkan siapapun yang punya sifat iri dan serakah maka ia akan kena karma yang lebih pedih.

Lutung Kasarung

Cerita rakyat satu ini juga sudah melegenda hingga tanah air dimana dalam cerita ini bercerita seorang putri cantik bernama Purbasari. Perempuan satu ini memiliki seorang kakak yang sangat jahat. Karena tidak mau kalah, akhirnya sang kakak berusaha keras untuk membuat Purbasari keluar dari istana, dan ini pun berhasil dilakukan.

Ketika keluar dari istana, tanpa disadari Purbasari bertemu dengan seekor lutung di hutan. Menurut cerita orang, lutung ini adalah jelmaan pangeran tampan dari negeri kahyangan dan dia sedang mencari istri yang cantik di bumi. Akhirnya, Purbasarilah yang menjadi istri dari pangeran dari kahyangan ini. Untuk menuntut keadilan akhirnya mereka menuntut keadilan dan sang kakak dari Purbasari pun dikeluarkan dari istana.

Pesan moral dari kejadian ini adalah setiap tindakan apapun yang dilakukan apakah itu baik atau buruk pasti akan kembali pada orang itu sendiri. Jadi perbaiki perbuatan maka akan ada hikmah di balik perbuatan yang kamu lakukan ini.

Batu Menangis

Kisah dari dari batu menangis ini juga menjadi destinasi di daerah Kalimantan Barat hingga sekarang. Menurut cerita rakyat batu ini adalah jelmaan atau kutukan seorang ibu kepada anaknya. Ceritanya, anak tersebut diajak ke pasar oleh sang ibu dan di pasar tersebut anak tersebut mengatakan bahwa ibunya ini adalah pembantu dia.

Karena kesal akhirnya ibu tersebut mengutuk anaknya menjadi sebuah batu dan pada saat itu batu itu mengeluarkan air mata. Bentuk air mata ini adalah penyesalan dari anak tersebut karena durhaka pada ibunya. Jadi pesan moralnya jangan pernah durhaka pada ibu karena ucapannya adalah doa yang mustajab.

Itu beberapa cerita rakyat yang ada di negeri ini dimana cerita ini juga ada yang diceritakan dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Untuk versi inggrisnya, kamu bisa baca di cerita rakyat bahasa inggris. dalam link tersebut kamu akan melihat berbagai cerita rakyat yang juga melegenda dan berbahasa inggris. Dengan adanya contoh ini akan membuat kamu semakin memperbanyak kosakata dan juga pengetahuan dalam versi bahasa inggrisnya.

Related posts