Ini Dia 3 Faktor Utama Penyebab Maag

  • Whatsapp
Penyebab Maag

Maag merupakan salah satu penyakit yang dialami oleh banyak orang. Ketika maag sedang kambuh salah satu gejala yang dirasakan adalah perut yang menjadi perih dan juga rasa panas di bagian lambung. Sakit maag atau dispepsia ini merupakan kondisi umum yang biasanya tidak diketahui penyebabnya. Akan tetapi walaupun begitu Anda juga bisa melakukan pencegahan dengan mengetahui faktor utama penyebab maag yang dapat dihindari seperti berikut ini:

Gaya hidup tidak sehat

Penyebab pertama mengapa seseorang bisa mengalami kondisi maag adalah karena mempunyai gaya hidup tidak sehat. Pola hidup yang sehat memang penting untuk dipunyai agar bisa membuat kondisi Anda tetap sehat dan bisa menghindari penyakit, termasuk penyakit maag.

Agar tidak terkena maag, Anda bisa melakukan gaya hidup sehat dan menghindari berbagai gaya hidup yang dapat membuat terkena maag atau menjadikan kondisi maag yang dipunyai bertambah parah. Adapun beberapa gaya hidup yang dapat menyebabkan maag adalah:

  • Gaya hidup tidak sehat pertama adalah mempunyai kebiasaan merokok. Hal ini merupakan kebiasaan yang menyebabkan banyak penyakit yang dapat timbul di kemudian hari. Sehingga memang tidak disarankan untuk dilakukan dan bisa berhenti apabila sudah mempunyai kebiasaan dan kecanduan merokok.
  • Selain merokok, kebiasaan untuk mengkonsumsi minuman yang tidak sehat juga dapat membuat kondisi maag. Seperti mengkonsumsi banyak kafein, alkohol, dan minuman bersoda. Minuman tersebut membuat kondisi lambung menjadi tidak nyaman apabila dikonsumsi secara terus menerus. Sehingga akan lebih baik untuk membatasi atau menghindari untuk mengkonsumsi minuman yang telah disebutkan.
  • Mempunyai kebiasaan makan terlalu cepat dan juga terlalu banyak. Kunyah makanan dengan tepat sehingga tidak melukai pencernaan. Selain itu pastikan mengkonsumsi makanan dengan porsi yang pas dan tidak berlebihan yang membuat kerja lambung menjadi lebih ekstra.
  • Mengkonsumsi makanan yang pedas, berlemak, dan juga berminyak juga dapat menimbulkan maag.
  • Mempunyai banyak tekanan sehingga dapat menimbulkan stress yang tidak terkendali.

Kondisi medis

Selain karena mempunyai kebiasaan yang tidak sehat, faktor penyebab maag lainnya adalah karena kondisi medis yang dipunyai. Ada berbagai penyakit yang membuat Anda akan lebih mudah mengalami penyakit maag.

Sehingga apabila sudah mempunyai kondisi penyakit tertentu akan lebih baik untuk mengatur pola makan dan juga makanan yang dikonsumsi agar bisa menghindari penyakit maag yang dapat mudah untuk menyerang. Adapun beberapa kondisi medis yang bisa lebih mudah menderita maag adalah:

  • Pertama adalah ketika mengalami Gerd atau penyakit refluks asam lambung.
  • Selanjutnya apabila mengalami peradangan lambung atau gastritis, radang pankreas atau pankreatitis, dan juga penyakit iskemdia usus atau berkurangnya aliran darah yang ada di usus.
  • Apabila mengalami obstruksi atau penyumbatan pada usus.
  • Mengalami penyakit celiac, batu empedu, dan juga penyakit hernia hiatus.
  • Menderita kanker lambung sehingga memudahkan timbulkan masalah pencernaan termasuk maag.

Faktor obat-obatan

Faktor terakhir yang membuat seseorang lebih mudah terkena maag adalah karena mengkonsumsi obat-obatan. Apabila mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang dan terus menerus tentunya akan menimbulkan efek samping yang dapat dirasakan.

Oleh karena itulah Anda disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang, terutama untuk obat yang tidak diresepkan oleh dokter. Bagi yang mengkonsumsi obat antibiotik dan juga obat antiinflamasi nonsteroid atau OAINS akan lebih mudah untuk menyebabkan maag. Sehingga hindari mengkonsumsi jenis obat tersebut dalam jangka panjang dan apabila tidak diperlukan.

Related posts