Ingin Berlibur Ala Backpacker? Perhatikan Hal Berikut

Berlibur Ala Backpacker

Anda berencana untuk berlibur namun dana terbatas? Mungkin Anda dapat memilih backpacking sebagai solusinya. Sebagai backpacker, tentu Anda harus membuat rencana sedetail mungkin agar perjalanan liburan Anda tidak over budget, sehingga Anda tetap bisa merasakan liburan yang menyenangkan. Berikut tips rencana berlibur ala backpacker yang harus Anda ketahui.

Tempat Menginap dan Transportasi

Setelah memilih daerah yang ingin dituju, hal pertama yang direncanakan adalah memilih tempat menginap. Jika tempat yang dikunjungi adalah kampung halaman Anda sendiri, maka menginap di rumah orang tua atau kerabat bisa jadi pilihan tepat. Namun jika tidak, Anda dapat mencari penginapan murah, hostel, atau bahkan hotel kapsul di daerah tersebut. Anda dapat mengunduh aplikasi travelling untuk mencari dan membandingkan harga tempat menginap. Jangan lupa untuk membandingkan harga-harganya, ya.

Transportasi Selama Perjalanan

Bagaimana cara Anda mencapai daerah yang dituju? Lalu selama di sana Anda memakai kendaraan atau tidak? Memakai transportasi umum, sewa kendaraan, atau jalan kaki? Transportasi juga menjadi hal yang penting selama Anda berlibur. Apakah liburan Anda hanya berdiam sambil memandang Danau Toba ada di Sumatera Utara atau Anda berjalan-jalan mengelilingi tempat wisata di Pulau Samosir? Cek juga aplikasi travelling Anda, biasanya di hari-hari tertentu terdapat diskon hingga setengah harga, lho.

Pergi Sendiri?

Salah satu cara untuk menghemat budget liburan ala backpacker adalah dengan tidak pergi sendiri. Ya, jika pergi sendiri tentu biaya yang dikeluarkan berasal dari Anda sendiri. Namun jika berlibur bersama sahabat, kekasih, atau keluarga, biaya yang Anda pribadi keluarkan bisa lebih sedikit karena patungan bersama yang lain. Ajaklah orang-orang yang sekiranya bisa menjadi teman perjalanan Anda, karena berlibur ala backpacker membutuhkan kerjasama yang baik. Pada akhirnya, pilihan tetap ada di tangan Anda.

Bawa Bekal

Membawa bekal makan dan minum juga menjadi salah satu cara hemat saat berlibur. Buatlah daftar bekal yang akan Anda bawa. Bekal tersebut tidak boleh bersisa karena akan memenuhi isi tas. Anda bisa membawa bekal dari rumah saat perjalanan menuju tempat liburan, atau memilih untuk makan makanan lokal daerah yang terdapat di tempat liburan Anda. Selain rasanya yang enak, makanan lokal harganya jauh lebih murah. Jika Anda tinggal di DKI Jakarta, kapan lagi Anda dapat sarapan nasi plus pecel sayuran dengan harga mulai Rp. 10.000,- jika bukan di Yogyakarta?

Tujuan berlibur salah satunya adalah untuk menjernihkan pikiran. Berliburlah dengan santai, namun juga harus terencana. Pilihlah secara cermat destinasi wisata Indonesia terbaik agar liburan Anda berkesan. Eits, jangan lupa juga abadikan setiap momen liburan Anda, ya.

Related posts