Mempunyai mobil idaman menjadi impian bagi banyak orang. Tidak hanya bisa mengangkut banyak penumpang, mobil juga membuat pengemudinya terhindar dari terpaan panas dan hujan di jalanan. Mempunyai mobil pun kini semakin mudah. Bagi mereka yang dananya kurang mencukupi untuk membeli mobil secara tunai bisa memilih untuk membeli dengan mencicil.

Ada juga yang tertarik membeli mobil bekas, selain karena harganya lebih murah mempunyai mobil bekas juga mudah dengan adanya fasilitas kredit mobil bekas dari bank dan leasing. Inilah keuntungan kredit mobil bekas yang akan membuatmu tertarik untuk mengambilnya.

Dana bisa dialihkan untuk hal lain

Pertimbangan utama dalam membeli mobil biasanya adalah soal dana. Dengan menggunakan fasilitas kredit, kalian bisa mengalihkan danamu untuk kebutuhan lainnya. Apalagi jika kalian mengambil kredit mobil bekas. Karena harganya lebih murah dibanding mobil baru maka besaran angsuran dan DP juga akan lebih ringan dibanding kredit mobil baru.

Kalian tidak perlu memaksakan diri membeli mobil baru dengan cara kredit jika anggaranmu mepet. Belilah mobil sesuai kebutuhan dan anggaran yang kalian miliki. Dan kalian bisa mengalihkan dana untuk hal lain.

Tidak perlu takut harga jatuh

Biasanya orang yang membeli mobil baru akan mempertimbangkan harga jual kembali. Banyak mobil yang harga jual kembalinya sangat jauh dari harga baru. Ini tidak perlu kalian khawatirkan ketika kalian membeli mobil bekas.

Penyusutan harga pada mobil baru pada lima tahun pertama biasnaya sekitar 15%-20%. Hal ini tidak perlu kalian risaukan ketika menjual mobil bekas. Penyusutan di pasar mobil seken tak terlalu signifikan.

Tak perlu menunggu

Para pembeli mobil tipe terbaru mungkin saja akan masuk daftar inden terlebih dahulu jika unit yang mereka inginkan belum tersedia. Hal ini tidak akan terjadi jika kalian membeli mobil bekas.

Kalian bisa langsung datang ke showroom dan memilih mobil dengan merek dan tipe yang kalian inginkan. Kalian juga tidak akan dipusingkan dengan persyaratan yang rumit seperti kredit mobil baru.

Bisa memilih kualitas sesuai dana yang dimiliki

Banyaknya pilihan mobil bekas akan menguntungkan bagi calon pembeli. Kalian bisa memilih mobil sesuai keinginan dan budget yang kalian miliki. Kalau beruntung, kalian bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang masih bagus dan harga yang cukup miring. Soalnya pabrikan mobil rajin mengeluarkan tipe-tipe mobil terbaru yang membuat para pemilik mobil lebih sering mengganti mobil baru mereka. Ini membuat bursa mobil bekas makin melimpah dengan mobil-mobil berkualitas bagus.

Tidak menambah jumlah mobil di jalanan

Dengan membeli mobil bekas kalian juga berkontribusi pada lingkungan, karena kalian tidak menambah jumlah mobil di jalanan. Dengan catatan, kalian harus rajin melakukan perawatan terhadap mesin mobilmu sehingga mobil bekasmu tidak boros bahan bakar.

Masih ada beberapa hal lain yang menguntungkan ketika kalian memilih untuk mengambil kredit mobil bekas. Antara lain: biaya pajak yang lebih ringan, bisa dapat bonus modifikasi dari pemilik sebelumnya dan lain-lain. Meski begitu ada juga kekurangannya yakni rentan rusak karena pemakaian dari pemilik sebelumnya.

Jadi sebelum memutuskan untuk kredit mobil bekas, kalian juga harus teliti dalam menilai mobil incaranmu. Kalau perlu carilah orang yang kalian percaya dan mempunyai kapasitas dalam menilai mesin atau pun bodi mobil.