Fakta yang Harus Anda Ketahui Tentang Usaha yang Menguntungkan

  • Whatsapp
Usaha yang Menguntungkan

Usaha yang menguntungkan harus dibangun dengan matang dan terencana. Bukan hanya sekedar membuat bisnis serta implementasinya, akan tetapi harus ada mindset dan cara yang tepat agar bisnis bisa bertahan.

Bukan rahasia bila kebutuhan manusia semakin bertambah, dan jika Anda adalah seorang karyawan full time mungkin sudah saatnya untuk merintis usaha kecil untuk menambah tabungan. Tidak sedikit diantara para karyawan di Asia yang memiliki 3 profesi berbeda, ada yang tercatat sebagai karyawan full time pada 2 tempat berbeda dan ada pula yang memiliki usaha sendiri. Tidak ada salahnya melakukan usaha selama upaya yang Anda lakukan halal. Berikut beberapa hal yang harus Anda sadari sebelum memulai usaha.

Bangun Landasan Yang Kuat

Sebelum Anda terlalu tertarik dengan ide bisnis Anda, tanyakan pada diri Anda mengapa Anda memulai usaha ini. Bagaimana produk atau layanan Anda akan membantu target audiens Anda untuk memperbaiki hidup mereka? Bagaimana ide ini sejalan dengan nilai inti diri Anda? Apakah Anda memiliki business plan yang solid untuk mewujudkan impian ini?

Menjawab pertanyaan seperti ini akan membantu memastikan bisnis Anda memiliki fondasi yang kuat. Dari titik awal tersebut, Anda bisa terus membangun bisnis yang kuat, andal, dan menguntungkan. Meskipun akan ada saat-saat ketika Anda harus beradaptasi dengan perubahan di pasar, Anda selalu dapat menggunakan fondasi yang kuat untuk membantu Anda dalam garis lurus menuju kesuksesan.

Salah satu fondasi terkuat yang saya rekomendasikan yang dimiliki setiap pengusaha adalah memiliki hasrat untuk apa yang Anda lakukan. Bersedia bekerja selama bertahun-tahun tanpa dibayar. Bukan mengatakan Anda tidak akan dibayar, tetapi tidak putus asa hanya karena bisnis belum menguntungkan.

Komunikatif

Apa pun industri yang Anda geluti, Anda harus dapat menjelaskan bisnis Anda dengan jelas dan ringkas kepada anggota keluarga, teman, dan investor. Anda perlu menyempurnakan pitch 1 kalimat. Artinya, Anda harus bisa menjelaskan semua yang dilakukan startup Anda dalam 3-5 kata. Jika Anda tidak dapat melakukan ini, kerjakan dan sempurnakan. Ingat, 3-5 kata untuk menjelaskan semua yang dilakukan bisnis Anda.

Ide Bisnis Berbasis Industri

Ide adalah fondasi bisnis dalam sektor manapun. Ide adalah benih yang menumbuhkan bisnis-bisnis besar kelas dunia. Sayangnya, ide yang kecil, sederhana dan tidak berwujud akan sulit memberikan dampak jangka panjang. Maka dari itu penting untuk berlatih membuat ide dari hal kecil, agar suatu saat jika usaha mengalami kemunduran ide Anda tidak habis untuk mengembangkan bisnis.

Rencana Bisnis

Ide hanyalah sebuah ide, tanpa blue print atau rencana pelaksanaan, ide Anda tidak ada artinya. Mulai dari uraian singkat tentang ide bisnis Anda di atas kertas, kemudian klasifikasikan apa yang ingin Anda buat dan wujudkan dalam beebrapa minggu ke depan.

Saran Memulai

Memulai dan menjalankan bisnis yang sukses tidak hanya membutuhkan pengetahuan tetapi juga seperangkat keterampilan tertentu. Manajemen dasar adalah kunci kesuksesan bisnis seseorang, analisa kompetitor serta placement yang tepat akan menjadikan bisnis Anda semakin terstruktur dengan matang. Memulai pada area yang tepat, serta menjadi pesaing sehat juga berperan penting menciptakan bisnis yang kompetitif sekecil apapun itu.

Peluang Waralaba

Tidak semua orang mau melalui proses menantang dalam memulai bisnis baru dari awal. Beberapa lebih suka membangun model Bisnis yang teruji dan terbukti di mana waralaba menjadi bagiannya. Bisnis waralaba akan memperluas pasar, lingkungan usaha, serta menciptakan komunitas komoditas Anda ke arah yang lebih sehat.

Investasi

Smart business harus diikuti dengan smart money management. Anda bisa saja mendapat keuntungan pada minggu pertama atau kedua, akan tetapi kita tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari. Maka dari itu investasikan keuntungan Anda untuk mengembangkan usaha di hari ke depan. Kuncinya, jangan ambil semua keuntungan yang Anda dapatkan. Sisihkan beberapa bagian sebagai dana cadangan jika sewaktu-waktu usaha Anda tidak berjalan dengan baik.

Usaha yang menguntungkan akan terasa lebih lengkap jika Anda juga sering memberi. Menebar kebaikan terhadap sesama dan tidak egois pada pencapaian kita, akan membuat hidup kita semakin lengkap.

Related posts