Alergi Susu SapiPada sebagian besar bayi alergi akan susu sapi. Berbagai zat yang terkandung di dalamnya yang bisa menyebabkan alergi pada bayi. Anda tak perlu panik karena alergi susu sapi pada bayi bisa terjadi. Hal yang terpenting anda harus mengenal beberapa ciri bayi yang alergi pada susu sapi. Alergi susu sapi adalah sebuah kondisi dimana sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein yang di kandung susu sapi. Reaksi dari sistem kekebalan tubuh pada bayi menunjukkan tanda fisik pada bayi yang alergi pada susu sapi. Berikut adalah beberapa ciri bayi alergi pada susu sapi yang perlu anda ketahui:

Beberapa Ciri Bayi Yang Alergi Susu Sapi

Masalah kulit

Biasanya bayi yang alergi susu sapi adanya masalah pada kulit setelah beberapa saat mengonsumsi susu sapi. Masalah yang akan timbul akibat alergi susu sapi seperti gatal-gatal, mata atau bibir bengkak, dan kulit pucat.

Masalah pernapasan

Ciri bayi yang alergi pada susu sapi biasanya mempunyai masalah pada pernapasan. Sistem pernapasan yang bersalah diantaranya sering batuk, hidung berair, dan beberapa gejala kedinginan. Anda juga perlu memperhatikan bayi anda juga memiliki masalah pernapasan selain masalah kulit.

Masalah pencernaan

Ada beberapa masalah yang timbul pada sistem pencernaan juga menjadi ciri bayi alergi susu sapi. Masalah pencernaan yang merupakan ciri alergi susu sapa pada bayi diantaranya diare, perut kembung, muntah-muntah, dan tidak mau makan.

Masalah umum

Selain ketiga masalah diatas, masih ada hal yang merupakan ciri-ciri bayi alergi susu sapi. Biasanya masalah ini bersifat umum, seperti rewel, sering menangis, susah tidur, lesu, dan gelisah,

Penyebab alergi susu sapi pada bayi

Ada beberapa hal bisa menjadi penyebab alergi susu sapi pada bayi. Sehingga anda bisa mengetahui mana yang menyebabkan bayi anda alergi pada susu sapi. Penyebab alergi susu sapai pada bayi bisa di sebabkan oleh beberapa faktor.  Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab alergi susu sapi pada bayi

Susu formula

Jika bayi di berikan susu formula sejak dini akan membuatnya mudah memiliki bakat alergi terhadap susu sapi. Susu formula yang dimaksud bukan hanya susu formula sapi tetapi juga susu formula kedelai.

Riwayat kelurga

Apabila ada riwayat kelurga besar anda dan pasangan anda ada yang memiliki riwayat asma, dan demam maka ini penyebab utama bayi anda alergi susu sapi.

Faktor lain

Ada faktor utama di luar dua penyebab diatas, yakni cara melahirkan, zat gizi, paparan racun dan perubahan bakteri yang ramah di dalam tubuh bayi.

Cara Mengatasi Alergi Susu Sapi Pada Bayi

Apakah bila bayi anda positif alergi susu sapi maka anda perlu melakukan beberapa cara untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi anda. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi alergi susu sapi pada bayi:

Menghindari bayi dari susu sapi sementara

untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi adalah menjauhkan bayi dari konsumsi susu sapi untuk sementara waktu. Tunggu sampai ia besar sekitar umur 4 tahun.

Ibu menyusui juga harus menjauhi dari makanan berbasis susu sapi

Apabila anda masih menyusui bayi anda maka anda harus menjauhi makanan yang mengandung susu sapi seperti keju, cokelat, biskuit, es krim, dan lainnya.

Formula dengan berbasis kasein

Selanjutnya adalah dengan memberikan bayi makanan yang mengandung formula berbasis kasein yang telah dihidrolisis secara efektif. Formula ini memang masih mengandung formula tetapi sudah di pecah sehingga berbeda dari protein susu dan tidak membuat alergi.