Karena biasanya anak-anak usia sekolah yang rentan terkena demam berdarah, coba cegah penyebarannya di sekolah dengan cara berikut ini.

Tak melulu di rumah, anak-anak sangat bisa digigit oleh nyamuk demam berdarah di sekolahnya. Kemungkinan tersebut akan semakin besar bila kebersihan serta pencahayaan di sekolah si Kecil tidak memadai.

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua mesti melakukan tindakan pencegahan agar anak tidak terinfeksi virus dengue. Adapun tindakan pencegahan demam berdarah di sekolah meliputi:

  • Kenakan Baju Berwarna Terang

Memang lebih mudah dilakukan bila anak Anda bersekolah di tempat yang memberi kebebasan dalam berpakaian. Sayangnya, sebagian besar anak sekolah di Indonesia memiliki seragam yang wajib untuk dipakai.

Meski demikian bukan berarti Anda tak bisa menyiasatinya. Caranya adalah dengan mengenakan baju luaran berwarna terang.

Nyamuk tidak terlalu suka pada warna yang terang. Sebaliknya, hewan tersebut sangat menyukai warna-warna yang gelap. Mereka akan mendekati orang-orang yang mengenakan pakaian berwarna hitam, cokelat tua, biru tua, dan warna gelap lainnya.

  • Oleskan losion anti-nyamuk

Sebelum berangkat, pastikan anak Anda mengaplikasikan losion anti-nyamuk di bagian-bagian tertentu. Fokuskan perhatian terutama pada tangan (bukan telapak) dan kaki.

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, bila anak hanya beraktivitas di luar ruangan selama 1-2 jam, Anda bisa memilih losion dengan kandungan DEET lebih kecil atau mendekati 10 persen. Jika lebih dari 2 jam, maka Anda bisa memilih losion yang tingkat DEET-nya 30 persen (sudah maksimal).

Bagaimana jika si Kecil memiliki kulit yang tergolong sensitif? Jika kulitnya termasuk kulit yang sensitif, cobalah gunakan minyak alami –seperti minyak lemon eucalyptus, minyak sereh, atau lavender.

Dua cara itu cukup ampuh untuk mencegah demam berdarah pada anak di sekolah. Bila Anda menemukan sabun sereh di pusat perbelanjaan, beli saja. Sebab, mandi dengan sabun sereh juga bisa menambah ‘sistem pertahanan’ agar si Kecil tidak digigit nyamuk.

Satu lagi yang perlu diingat dalam memberikan losion anti-nyamuk kepada anak. Hindari mengoleskannya ke kulit yang sedang terluka dan jangan mengoleskan losion tersebut hingga berkali-kali (cukup sekali oles). Mudah, kan?

Jadi, tak ada alasan lagi bagi Anda untuk membiarkan si Kecil tidak terlindungi sama sekali dari gigitan nyamuk di sekolah. Pastikan Anda memberikan perlindungan terbaik untuk buah hati Anda.