Cara Memulai Usaha Bisnis Konveksi

  • Whatsapp
Usaha Bisnis Konveksi

Bisnis konveksi adalah sebuah bisnis atau usaha dalam bidang produksi pakaian yang dibuat secara massal atau jumlah yang banyak. Secara harafiah bisnis konveksi diartikan sebagai industri kecil dalam skala rumah tangga yang membuat beragam kebutuhan sandang seperti kemeja, kaos, polo shirt, celana, jaket dan lain-lain

Di Indonesia sendiri sudah bermunculan banyak jasa jonveksi, tidak hanya di kota kota besar namun juga di kota kecil, satu diantaranya yaitu  konveksi bandung. Bisnis konveksi menjadi salah satu bisnis dengan segmen pasar yang menggiurkan karena permintaan pasar yang selalu tinggi, tentu peluang ini bisa dipertimbangkan.  Bagi anda yang ingin memulai bisnis ini, namun bingung mulai dari mana, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menyimak tips serta trik bagaimana cara memulai usaha bisnis konveksi dengan mudah berikut ini:

  • Analisis bisnis : lakukan analisis serta segmentasi pasar terlebih dahulu misalnya saja dengan melakukan analisis peluang, potensi pasar, ketersediaan modal serta faktor pendukung lainnya. Pikirkan juga tim yang akan anda bentuk, hindari itu perekrutan karyawan yang berlebihan serta membeli keperluan yang sebenarnya tidak penting karena titik ini emrupakan langkah awal anda memulai suatu bisnis.
  • Persiapan sarana dan prasarana : selain tim serta SDM yang berpengalaman dan cukup kompeten di bidangnya, perlu kiranya anda untuk menentukan prasarana yang akan mendukung proses produksi bisnis konveksi anda. Adapaun peralatan yang dibutuhkan antara lain : mesin jahit, mesin obras, overdeck, rantai, meja potong maja pola, meja setrika, mesin potong, serta alat-alat untuk keperluan jahit lainnya.
  • Memilih suplier : tentu sebagai bisnis jasa konveksi anda tidak dapat bekerja sendiri, jalinlah kerja sama dengan supplier dengan reputasi yang baik serta biaya yang masih terjangkau.  Perhatikan juga lokasi supplier agar ongkos atau biaya akomodasi tida membengkak.  Pastikan bahwa suplier tersebut mengerti dan paham akan target market anda.
  • Stategi pemasaran serta promosi : saat ini promosi menjadi hal yang sangat krusial dan pastinya penting untuk dilakukan. Karena ditahap ini anda dituntut untuk mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen atas produk yang anda tawarkan. Dengan semakin gencarnya media sosial, website, blog, iklan online, forum serta komunitas tentu menjadi wadah promosi yang cukup efektif untuk anda coba. Anda juga bisa menggunakan strategi marketing dengan cara memberikan diskon, potongan harga, bonus, voucher, cashback dan lain sebagainya untuk meningkatkan minat pembeli.

Demikianlah beberapa kita serta cara memulai bisnis jasa konveksi yang bisa coba anda lakukan.  Jika anda masih bingung, coba selami berbagai tulisan serta ajak diskusi serta berbagai pengalaman orang yang sudah lebih dahulu berada di bidang tersebut sehingga kemungkinan kesulitan bisa terselesaikan.

Related posts