Kaldu Bubuk Non MSGSekarang ini banyak sekali beredar kaldu bubuk non MSG di pasaran. Tetapi kita tidak akan tahu apakan produk itu benar-benar non MSG apa malah mengandung MSG. Oleh karena itu tidak ada salahnya bila kita membuat sendiri kaldu bubuk non MSG. Tentunya kita tahu bahwa kaldu bubuk yang kita buat sendiri tidak mengandung MSG. Dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat kaldu bubuk non MSG.

Dalam hal ini saya salah satu orang yang tidak suka dengan masakan yang mengandung MSG. Karena bila kita terus menerus mengonsumsi makanan yang mengandung MSG akan berbahaya bagi kesehatan anda. MSG sendiri bisa menyebabkan kemandulan dan obesitas, bahkan bisa merusak jantung.

Bila anda yang merasa makan yang anda masak tidak terasa guruh tanpa adanya penyedap makanan yang mengandung MSG. Cobalah anda beralah menggunakan kaldu bubuk non MSG. Karena rasa yang dihasilkan oleh kaldu bubuk non MSG membuat makanan anda menjadi gurih. Tentunya membuat masakan anda akan lebih sehat. Karena anda memasak dengan bahan-bahan yang alami.

Sebelum kita membahas cara membuat kaldu bubuk non MSG, kita bahas terlebih dahulu apa tutu kaldu bubuk?. Kaldu bubuk adalah campuran daging yang berfungsi sebagai sumber kaldu.  Selanjutnya dicampur dengan berbagai bumbu dan diolah dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan kaldu bubuk. Kaldu ini bisa anda manfaatkan sebagai penyedap rasa untuk semua masakan anda. Oke langsung saja kita bahas pada topik utama. Yakni cara membuat kaldu bubuk non MSG.

Bahan-Bahan Yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan kaldu bubuk adalah wortel, bawang Bombay dan daun seledri. Akan tetapi anda bisa juga menambahkan jenis sayuran lain agar kaldu yang dihasilkan makin guruh. Berikut adalah bahan lengkap untuk membuat kaldu bubuk.

Bahan Membuat Kaldu Bubuk

  1. Daging ayam tanpa kulit dan tulang 300 gr. (anda bisa mengganti dengan daging sapi, ini sebagai contoh saja. Jadi bisa menggunakan daging ayam atau daging sapi)
  2. Bawang putih sebanyak 25 siung
  3. Wortel 1 buah
  4. Bawang Bombay 1 buah
  5. Daun bawang 2 batang
  6. Daun seledri 2 batang
  7. Kemiri 4 butir
  8. Serai 2 batang (sudah digeprek)
  9. Garam 2 sendok makan

Cara Membuat Kaldu Bubuk

  1. Haluskan semua bumbu dan sayuran seperti bawang putih, wortel, bawang Bombay, daun bawang, dan daun seledri.
  2. Setelah bahan tersebut sudah halus, anda campurkan dengan daging dan serai.
  3. Selanjutnya panaskan semua bahan tersebut memaki wajan teflon tampa menggunakan minyak. Aduk terus agar lapisan bawah tidak gosong. Pada proses ini bertujuan untuk menghilangkan kadar air.
  4. Sangsai terus sampi semua bahan kering. Pada proses ini biasanya membutuhkan watu 60 sampai 90 menit.
  5. Setelah semua bahan kering selanjutnya anda blender, pastikan blander yang anda gunakan dalam kondisi kering.
  6. Ulangi lagi proses keempat dengan mengsangrai sampai benar-benar kering.
  7. Selanjutnya anda blander kembali sampai bahan tersebut benar-benar menjadi bubuk.
  8. Simpan kaldu bubuk yang sudah jadi tersebut pada wadah yang bersih, kering dan tertutup.

Mudah bukan cara membuat kaldu bubuk non MSG, tentunya kelurga anda terhindar dari penyakit bila anda menggunakan kalau bubuk non MSG ini. Untuk tambahan kaldu bubuk ini bisa anda campurkan ke dalam masakan anda sebanyak 1 sendok the saja.