Cara Melihat Password Wifi di Laptop

  • Whatsapp
jurnaltekno.id

Apakah di rumah Anda sudah memiliki koneksi jaringan Wi-Fi? Jika laptop terhubung ke wifi, apakah Anda masih ingat kata sandinya? Terkadang ada kalanya Anda lupa password wifi saat laptop Anda terhubung ke wifi. Bahkan jika Anda lupa kata sandi wifi, yang terpenting adalah Anda tahu cara melihat kata sandi wifi yang tersimpan di laptop Anda. Ada alasan mengapa Anda masih perlu mengetahui kata sandi Wi-Fi.

Misalnya, jika Anda membeli perangkat baru, baik itu laptop, tablet, atau ponsel cerdas, lalu ingin menghubungkan perangkat tersebut ke Wi-Fi, Anda perlu mengetahui kata sandi Wi-Fi. Contoh lain, ada anggota keluarga yang datang dari jauh di rumah dan Anda ingin berbagi koneksi Wi-Fi, Anda perlu mengetahui kata sandi Wi-Fi. Windows 10 menyediakan cara mudah untuk melihat kata sandi Wi-Fi Anda jika Anda lupa. Menurut jurnaltekno.id seperti inilah caranya:

Cara Melihat Password WiFi di Laptop Windows

Untuk mengetahui cara melihat password WiFi di laptop bekas bisa digunakan jika laptop Anda menjalankan Windows 10. Jika komputer laptop Anda tidak kompatibel dengan Windows 10, jadi Anda bisa melakukan cara ini dengan mulai mengaksesnya dari Control Panel.

Berikut cara melihat pass WiFi di laptop Windows yang bisa Anda coba:

  • Langkah 1 Buka Pengaturan

Buka menu Pengaturan yang dapat Anda akses dari Start, maka akan muncul lagi pilihan menu lainnya. Pilih Jaringan dan Internet untuk mulai memeriksa kata sandi WiFi di laptop.

  • Langkah ke 2 Pilihlah Network and Sharing Center

Setelah itu klik Status di sebelah kiri, tunggu sampai muncul pilihan menu. Kemudian klik Jaringan dan Pusat Berbagi di bagian bawah.

  • Langkah 3 Pilih Koneksi WiFi

Sebuah jendela pop-up baru akan muncul yang menunjukkan WiFi yang sedang digunakan. Klik pada nama Wi-Fi.

  • Langkah ke 4 Klik Properti Nirkabel

Sebuah jendela baru akan muncul yang menunjukkan koneksi WiFi Anda. Klik Properti Nirkabel di tengah.

  • Langkah 5 Klik Tampilkan Font

Setelah jendela pop-up lain muncul, pilih bagian Keamanan di sebelah Sambungan. Kemudian centang kotak font show di bawah ini.

Selanjutnya, Anda akan dapat melihat kata sandi WiFi yang sedang Anda gunakan. Setelah selesai, Anda dapat mengklik tombol OK.

Mengenakan Network and Sharing Center

  1. Klik kanan ikon akses Internet, lalu pilih Open Internet and Network Settings.
  2. Di jendela Network and Internet Settings yang terbuka, pastikan Anda berada di tab Status (1) lalu klik tautan Network and Sharing Center (2) di bagian bawah.
  3. Di jendela Network and Sharing Center yang muncul, klik koneksi Wi-Fi yang sedang Anda gunakan.
  4. Dalam dialog Status WiFi yang muncul, klik tombol Properti Nirkabel.
  5. Pada dialog properti jaringan nirkabel profil Wi-Fi yang muncul, pastikan Anda berada di tab Keamanan (1), centang kotak Tampilkan karakter (2) dan sekarang Anda dapat melihat kata sandi Wi-Fi di kunci brankas dari jaring (3). Setelah selesai, klik tombol OK (4). Untuk menutup dialog Properti Jaringan Nirkabel.

Mengenakan Command Prompt

  1. Buka atau jalankan Command Prompt terlebih dahulu, ketik netsh wlan show profile, lalu tekan tombol Enter pada keyboard Anda. Prompt perintah akan menampilkan semua nama profil wifi yang ada di komputer Anda, terlepas dari apakah sedang digunakan atau tidak.
  2. Tentukan nama untuk profil wifi yang kata sandinya ingin Anda lihat, ketik netsh wlan show profile name = “wifi profile name” key = clear lalu tekan tombol Enter. Tanda kutip ganda diperlukan untuk nama profil Wi-Fi jika ada spasi di nama profil Wi-Fi. Sekarang Anda dapat melihat kata sandi wifi di isi key content.

Related posts