Cara Alami Melancarkan Haid, Aman tanpa Efek Samping!

Haid atau menstruasi merupakan salah satu proses reproduksi alami pada setiap wanita. Secara teori, siklus haid wanita berlangsung sekitar 28 hari. Namun, faktanya tidak semua wanita memiliki siklus haid yang sama.

Ada yang lancar, ada yang sering telat. Yakinlah, kecuali disertai gejala lain, haid yang tidak teratur bisa dianggap normal. Ketidakteraturan haid pada wanita bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari perubahan hormonal hingga gaya hidup yang tidak sehat.

Bagi Anda yang haidnya tidak teratur, tips dan cara melancarkan haid berikut mungkin bisa membantu:

Tidur yang cukup

Tidur adalah waktu dimana tubuh melakukan proses penyembuhan diri, regenerasi sel dan produksi hormon. Kurang tidur dapat mengganggu kadar beberapa hormon dalam tubuh.

Salah satunya adalah hormon estrogen dan progesteron yang berperan penting dalam perubahan siklus haid.

Kelola stres

Tidak hanya hormon, stres juga bisa memengaruhi siklus haid seseorang. Karena saat stres, hormon kortisol tubuh menjadi tidak seimbang dan memengaruhi hipotalamus, hormon yang mengatur haid.

Makan makanan yang sehat

Anda adalah apa yang Anda makan. Apa yang dikonsumsi berdampak besar pada apa yang terjadi pada tubuh. Hal yang sama berlaku untuk siklus haid.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti fast food, makanan olahan atau makanan dengan tambahan pemanis dan pengawet bisa menyebabkan haid tidak teratur.

Oleh karena itu, cobalah untuk menjaga pola makan yang sehat dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C sangat dianjurkan dan baik untuk melancarkan haid.

Mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah banyak juga sangat dianjurkan, karena kacang-kacangan mengandung lemak baik dan asam lemak omega-3 yang tinggi, yang juga dapat menunjang datangnya haid.

Rutin berolahraga

Tidak diperlukan olahraga berat. Olahraga ringan yang rutin Anda lakukan setiap hari tidak hanya akan memperbaiki tubuh, tetapi juga dapat membuat haid Anda berjalan lebih lancar.

Yoga merupakan bentuk olahraga yang direkomendasikan karena dapat mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Beberapa gerakan yoga seperti pose segitiga berdiri dan bulan sabit cukup baik untuk mengendurkan otot panggul.

Obat alami untuk penggunaan haid

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara tersebut dan haid Anda masih tidak teratur, Anda juga bisa mencoba bahan-bahan alami berikut yang diketahui dapat membantu melancarkan haid Anda.

Kunyit herbal

  • Kunyit sudah lama dikenal khasiatnya sebagai antiseptik dan antioksidan alami, efektif melawan berbagai penyakit, termasuk meredakan haid.

Cara pembuatannya adalah dengan merebus 2 rimpang kunyit dengan setengah sendok teh ketumbar, pala dan segenggam daunnya dalam air kurang lebih satu liter. Saring dan minum sekali sehari.

Air rebusan daun pepaya

  • . Meskipun daun pepaya memiliki rasa yang sangat pahit, namun memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya dan kaya akan vitamin.

Di mana daun papaya memiliki kandungan vitamin A, B, C, D dan E. Untuk melancarkan haid, Anda bisa meminum air yang terbuat dari daun pepaya yang dicampur dengan asam jawa dan sedikit garam. Ramuan ini juga efektif dalam meredakan kram haid.

Ramuan

  • . Ramuan yang selain menghangatkan tubuh ini juga dipercaya dapat merangsang haid. Jahe mengandung vitamin A, B2, B12, C, kalsium, zat besi, natrium, fosfor, dan niasin.

Rebus jahe, saring dan campurkan dengan dua sendok madu, lalu minum setiap hari. Jika haid Anda tidak berhasil dengan metode ini, jangan ragu untuk berbicara dengan dokter agar Anda dapat mengetahui potensi masalah kesehatan sejak dini. 

Related posts