Kubah Masjid merupakan salah satu bagian bangunan pada masjid yang sangatlah penting. Karena bagian yang satu ini merupakan sebuah penanda, bila kita mencari sebuah masjid pastinya kita akan mencari kubah. Maka dari itu sebuah masjid pastilah mempunyai kubah. Selain sebagai penanda kubah masjid juga di jadikan ciri khas akan sebuah masjid.

Seiring dengan berkembangnya zaman, ada banyak sekali bentuk kubah masjid. Dalam hal ini ada beberapa bahan yang bisa di gunakan untuk pembuatan bagian masjid yang sangat penting ini. Kualitas dari bahan-bahan tersebut akan mempengaruhi akan kualitas dari sebuah kubah masjid. Jadi pemilihan bahan yang tepat sangat mempengaruhi, supaya kubah masjid tersebut bisa bertahan lama.

Harga Kubah Masjid sangatlah bervariasi tergantung dari bahan yang kita pilih. Lebih bagus bahan tersebut maka akan semakin mahal pula harga kubah masjid yang akan kita pesan. Maka dari itu kali ini saya akan membahas berbagai bentuk kubah masjid berdasarkan bahan yang di gunakan. Simak baik-baik uraian di bawah ini.

Bahan-Bahan Kubah Masjid

Kubah Masjid Berbahan Beton

Pertama yang sering di gunakan dalam pembuatan kubah masjid adalah dengan menggunakan bahan beton. Bahan ini di pilih karena memiliki kekuatan yang sangat bagus dan kuat. Maka sangat tidak heran bila kita sering melihat sebuah masjid menggunakan kubah yang terbuat dari bahan beton. Akan tetapi yang menjadi masalah bila kita menggunakan bahan beton tuk pembuatan kubah maka akan semakin besar pula budget yang harus di keluarkan. Karena harga kubah masjid yang menggunakan bahan beton sangatlah mahal.

Kubah Masjid Berbahan Galvalum

Selain menggunakan bahan beton untuk pembuatan kubah masjid. Saat ini banyak juga yang menggunakan bahan galvalum untuk pembuatan kubah masjid. Harga kubah masjid yang terbuat dari bahan galvalum tidak sebegitu mahal bahan beton. Maka bahan yang kedua ini bisa menjadi pilihan untuk pembuatan kubah masjid. Yang menjadi nilai plus dari bahan ini adalah sangat fleksibel untuk di bentuk, jadi sangatlah mudah untuk di buat menjadi kubah. Selain itu bahan ini juga sangat kuat dan tidak mudah karat walau sering kena panas dan juga kena air pada musim hujan. Oleh sebab itu kubah masjid yang satu ini sangat di gemari pada saat pembuatan masjid.

Kubah Masjid Berbahan Stainless

Untuk kubah masjid yang berbahan stainless sangat tidak asing lagi di mata kita. Karena kebanyakan masjid dan juga mushola masih menggunakan bahan tersebut untuk kubahnya. Ada bayak sekali kelebihan dari bahan yang satu ini, sehingga semua masjid menggunakan kubah berbahan stainless. Salah satunya adalah sangat kuat dan juga sangat tahan dari karat. Selain itu yang menjadi nilai tambah dari bahan ini ialah bentuknya yang mengkilap sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Untuk harga kubah masjid yang terbuat dari bahan stainless sangatlah terjangkau. Oleh sebab itu banyak masjid yang masih memilih menggunakan kubah menggunakan bahan tersebut.

Kubah Masjid Berbahan GRC

Terakhir yang bisa di gunakan untuk membuat kubah masjid adalah dengan menggunakan bahan GRC. Kemajuan akan teknologi kontraksi sehingga bisa menghasilkan kubah masjid dengan bahan yang satu ini. Untuk kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan bahan GRC untuk pembuatan kubah masjid adalah lebih ringan bila kita bandingkan dengan menggunakan beton. Akan tetapi dari segi kekuatan menguakkan bahan GRC juga sangatlah kuat. Produk ini juga bisa tahan panas dan juga tahan karat sehingga banyak diminati masyarakat.