Penting bagi anda untuk tau cara menjaga kesehatan serta kebersihan telinga anda. Hindari beberapa hal yang dapat merusak kerja telinga Anda seperti mendengarkan musik terlalu keras atau menggunakan headset terlalu sering dengan suara yang keras sdan kebiasaan buruk membersikan  telinga menggunakan benda – benda yang tidak sesuai seperti ujung pena atau klip kertas.

1. Bersihkan telinga dengan cara yang benar

Membersikann telinga secara rutin merupakan hal yang penting untuk anda lakukan agar dapat menjaga kesehatan serta kebersihan telinga anda dari kotoran luar yang masuk kedalam telinga sehingga dapat menyumbat telinga anda. Anda dapat melakukan pembersihan telinga dengan menggunakan cutton bat dengan pemakaian yang benar dan sesuai agar tidak merusak telinga.

Anda juga dapat membersihkan telinga anda dengan cara kedokter untuk pembersihan telinga. Apabila pendengaran anda mengalami gangguan dan anda harus menggunakan alat bantu dengar. Namun, anda tetap dapat membersihkan telinga anda. Dokter juga akan menyarankan anda menggunakan alat yang sesuai dengan harga alat bantu dengar yang sesuai.

2. Jaga Telinga Anda agar Tetap Kering

Ketika telinga anda basah atau lembab telinga yang berlebihan dapat menyebabkan timbul nya bakteri untuk masuk ke dalam saluran telinga. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada telinga yang disebut dengan telinga perenang atau dalam bahasa inggris disebut swimmer’s ear. Infeksi adalah infeksi pada telinga luar yang disebabkan oleh air yang terjebak di saluran telinga.

3. Lakukan pemeriksaan telinga rutin ke dokter

Apabila telinga Anda mengalami gangguan pendengaran, segera lah berkonsultasi ke dokter THT. Dokter akan melakukan pemeriksaan, serta penanganan yang sesuai kondisi gangguan pendengaran yang Anda alami seperti dokter akan menyarankan anda untuk menggunakan alat bantu dengar yang bagus untuk anda gunakan dan sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Lindungi telinga Anda dari suara keras

Fungsi telinga merupakan untuk mendengar. Namun, telinga mempunyai kapasitas kemampuan untuk mendengar suara. Tidak semua suara dapat masuk kedalam telinga dengan aman untuk di dengar telinga. Terlalu sering terpapar dengan suara keras, dapat membuat kemampuan mendengar Anda berkurang sehingga mengecilkan volume suara dapat menghambat terjadi nya hal ini.