Pilihan mode transportasi saat traveling menjadi hal terpenting. Kamu bisa memilih bus, kereta api atau pesawat terbang. Kelasnya juga bermacam – macam, mulai dari ekonomi hingga eksekutif. Namun di antara ketiga mode transportasi, kereta api masih menjadi primadona hingga sekarang. Bukan hanya tiketnya yang murah, tetapi pesan tiket kereta api sekarang gak ribet dan harus antri kayak dulu. Ada banyak alasan mengapa kereta api masih menjadi primadona hingga sekarang ini. 

Cocok buat kamu para backpacker yang ingin menekan budget

Buat kamu para backpacker, kereta api menjadi mode transportasi yang cukup terjangkau. Jadi, liburan dengan budget minim pun bisa kamu lakukan. Contohnya saja KA ekonomi Jakarta – Jogja yang tidak mengharuskan kamu mengeluarkan uang hingga seratus ribu. Coba bandingkan dengan harga pesawat yang paling murah saja 400 ribu. Untuk tarif bus ekonomi memang lebih murah. Tetapi ada alasan tersendiri mengapa kereta api lebih baik dari pada bus. 

Kamu bisa dapat promo tiket

Saat ini, promo beli tiket kereta api juga semakin sering. Jadinya kamu bisa travelling dengan harga yang miring. PT. KAI memang tidak mau kalah dengan maskapai – maskapai penerbangan saat ini. Jadi, coba sesekali untuk pantengan situs resminya. Bisa saja kamu beruntung dapat tiket kelas eksekutif tapi harga kelas ekonomi.

Kebanyakan harga tiket kereta api stabil. Baik hari ini, esok hingga beberapa bulan mendatang tarifnya tak pernah berubah. Terkecuali kalau memang ada perubahan kebijakan. Tetapi biasanya pihak PT. KAI akan memberitahu minimal sebelum sebelumnya. Berbeda dengan harga tiket pesawat yang tiap jamnya aja bisa berubah.

Tak ada pajak dan biaya tambahan lainnya

Tarif tiket kereta api yang kamu bayarkan tetap sama seperti yang tertera. Bahkan, kamu sudah bisa menikmati segala fasilitas yang ada dalam gerbong hingga sampai ke tempat tujuan. Tak perlu lagi, tambahan pajak. Bahkan, kamu tidak perlu membayar kelebihan barang bawaan kalau memang bawaan kamu banyak. 

Suasana yang nyaman

Memang kereta api dulunya tidak nyaman. Dulu, jumlah penumpang ekonomi tidak dibatasi sehingga harus berdesak desakan. Bahkan, banyak penumpang di gerbong yang tidak kebagian tempat duduk. Belum lagi, pedagang asongan yang berkeliaran. 

Tapi semua itu sudah berlalu. Pasalnya, sekarang kereta api sudah sangat nyaman, bahkan untuk kelas ekonomi. Kini kamu bisa mendapatkan suasana yang nyaman, tempat duduk layak dan tidak berdesak – desakan. Bahkan hanya penumpang saja sekarang yang boleh masuk peron.

Tidur semakin nyaman

Jika naik pesawat, hal pertama yang sangat diperhatikan adalah sabuk pengaman, terlebih saat lepas landas, mendarat dan turbulensi. Nah, kalau hal ini tidak akan kamu temukan di kereta api. Jadinya kamu bisa duduk dengan nyaman. Selain itu, gerbongnya juga cukup lapang sehingga memudahkan kamu buat berjalan – jalan saat pegal atau bosan duduk saja.

Semakin tepat waktu dan anti macet

Kini layanan kereta api juga semakin tepat waktu. Bisa dikatakan mode transportasi darat tercepat adalah kereta api. Pasalnya, kereta sudah ada jalurnya sendiri dan kamu gak perlu takut terjebak macet.

Soket daya dan AC sudah ada

Setiap kursi yang ada di gerbong kereta sekarang sudah ada colokan. Jadinya kamu gak perlu khawatir kehabisan baterai gadget. Bahkan, kamu bisa menyalakan laptop sembari mengerjakan tugas selama perjalanan. Bahkan, smartphone kamu juga bisa terus online agar tak bosen di kereta. 

Belum lagi, kelas ekonomi sekarang sudah dilengkapi dengan AC. Jadi tak ada lagi kelas ekonomi yang panas dan bau keringat. Walaupun kamu hanya mengeluarkan uang puluhan ribu saja, kamu tetap nyaman di dalam kereta. 

Panorama indah di balik jendela gerbong kereta

Buat kamu yang travelling dengan kereta api, pasti setuju bahwa kereta selalu menyajikan panorama yang indah di balik jendelanya. Sepanjang perjalanan, kamu akan mendapatkan pemandangan berupa hamparan sawah dengan latar pegunungan. Namun sesekali kamu akan mendapati perumahan dari atas rel yang dilintasi. 

Di pagi harinya, kamu akan menjumpai para petani yang turun ke sawah. Selain itu, kamu juga akan menjumpai kendaraan yang rela menanti dengan sabar di pintu perlintasan kereta. Itulah pemandangan indah yang akan jumpai saat naik kereta.