8 Gaya Renang Lengkap Dengan Gerakannya

Gaya Renang Lengkap

Berenang adalah salah satu olahraga yang memakai media air sebagai tempat utamanya. Berenang juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan juga sebagai juru keselamatan jika kita sedang berada dilaut yang diharuskan berenang. Untuk anda yang pemula, macam-macam gaya renang berikut ini dapat menjadi alternatif yang wajib anda pelajari agar bisa berenang dengan baik.

1. Gaya dada

Pertama pukulan ini dilakukan dengan perut menghadap ke bawah. Gerakan secara bersamaan di bawah permukaan air dengan melingkarkan didepan tubuh. Lakukan dengan gerakan tendangan cambuk secara bersamaan, kemudian dari belakang ke tubuh dengan menekuk lutut dan pinggul. Kemudian gerakan kaki anda keluar dan ke samping sebelum memanjang dan kembali menyatu. Jangan lupa untuk atur setiap gerakan sesuai dengan gerakan kaki.

2. Gaya Bebas

Untuk melakukan gaya bebas, pertama yang harus dilakukan berbaring tengkurap dengan tubuh sejajar dengan air. Kedua,

Gaya bebas adalah salah satu gaya yang paling mudah dilakukan. Hal ini karena kebanyakan perenang memilih untuk menggunakan pukulan ini dalam acara gaya bebas karena ini adalah yang tercepat. Untuk melakukan gaya bebas, pertama berbaring tengkurap dengan tubuh sejajar dengan air. Dorong diri Anda ke depan dengan gerakan lengan bergantian dalam semacam gerakan kincir angin yang dimulai dengan mendorong di bawah air dan pulih di atas air. Kaki Anda harus mendorong Anda dengan tendangan mengibas, yang dilakukan dengan kaki runcing saat kaki Anda bergerak ke atas dan ke bawah secara bergantian. Jangan menekuk kaki Anda di lutut. Atur waktu pernapasan Anda agar sesuai dengan gaya renang Anda dengan memutar kepala ke samping saat lengan Anda dalam posisi pemulihan (di atas air). Jangan memutar kepala terlalu jauh dan menghadap ke atas atau Anda akan benar-benar tenggelam ke dalam air daripada tetap berada di atasnya.

3. Gaya Kupu-Kupu

Gaya satu ini bisa dipelajari untuk tingkat lanjut. Untuk melakukan gaya kupu-kupu, mulailah mendatar dengan perut menghadap ke dasar kolam. Bawa lengan Anda secara bersamaan di atas kepala Anda dan dorong ke dalam air untuk mendorong Anda maju dan angkat lagi dari air untuk mengulanginya. Saat Anda menggerakkan tangan ke dalam air, Anda akan mendorong kepala dan bahu Anda ke atas permukaan air. Kaki Anda akan melakukan tendangan lumba-lumba, yang mengharuskan kaki Anda tetap menyatu dan lurus saat Anda menendangnya seperti halnya gerakan tubuh bagian bawah dan ekor lumba-lumba. Gerakkan tubuh Anda dalam gerakan seperti gelombang yang mengalir. Waktu terbaik untuk mengambil napas adalah ketika lengan Anda baru saja mulai keluar dari air, tepat sebelum Anda memulai dorongan ke depan berikutnya. Angkat kepala Anda lurus di depan Anda selama gerakan ini dan jangan putar kepala Anda ke samping.

4. Gaya Renang Samping

Salah satu cara untuk mengingat pukulan samping adalah dengan membandingkannya dengan memetik apel. Lengan pertama Anda akan meregang di atas kepala Anda dan mengambil sebuah apel, kemudian tangan Anda akan bertemu di depan dada Anda. Lengan pertama menyerahkan apel ke lengan kedua (sisi tubuh yang berada di atas dan bagian dari udara). Lengan kedua akan menjadi tangan untuk melemparkan apel ke belakang Anda sementara tangan pertama meraih apel lain di atas kepala Anda.

5. Gaya Punggung Dasar

Ini adalah variasi dari gaya punggung biasa yang Anda lihat. Ini menggunakan tendangan gaya dada terbalik sementara lengan Anda bergerak selaras di bawah air. Ini disebut “dasar” karena tekniknya yang sederhana dan mudah dipelajari, dan sering kali merupakan salah satu gaya renang pertama yang diajarkan kepada perenang baru karena alasan ini. Pukulan ini sering diajarkan kepada anak-anak dengan menggunakan nama panggilan yang menyenangkan untuk bagian-bagian gerakannya. Bawa tangan Anda ke ketiak seperti monyet, rentangkan tangan Anda seperti pesawat terbang, lalu dorong ke samping seperti tentara.

Itulah 5 gaya renang yang bisa anda pelajari secara satu persatu. Dengan berenang juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dan keselamatan tubuh, selamat mencoba.

Related posts