7 Hal yang Perlu diketahui Tentang Mempersiapkan Bakat untuk Perekaman Video Jarak Jauh

  • Whatsapp
Perekaman Video

Dalam melakukan perekaman video jarak jauh tersebut ada hal-hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan agar aktivitas tersebut dapat berjalan lancar dan efektif. Hal yang Harus Diketahui Dalam Perekaman Video Jarak Jauh, antara lain: 

  • Gunakan tripod untuk hasil lebih stabil

Tidak berbeda seperti kamera DSLR dan mirrorless, Anda juga perlu tripod untuk smartphone. Terlebih lagi, bila Anda ingin merekam video jarak jauh, seperti misalnya video blog atau timelapse

Ada beberapa macam tripod di pasar, misalnya tripod dengan menggunakan kaki yang dapat dilipat atau tripod dengan menggunakan kaki fleksibel, seperti gorillapod.

  • Rekam video dengan posisi horizontal

Jangan merekam video dengan posisi vertikal walaupun memang terlihat bagus di ponsel Anda, tapi tidak dengan di device lain. Layar PC atau laptop, televisi atau tampilan website mempunyai tampilan landscape atau horizontal.

Karena itu gunakan posisi horizontal untuk merekam video, agar video Anda enak dilihat, bila video Anda akan di upload ke youtube. 

  • Jangan memakai digital zoom

Jangan sekali-kali merekam video dan melakukan zoom in. Rata-rata zoom yang digunakan pada kamera smartphone yaitu digital zoom, bukan optical zoom. 

Memperbesar objek dengan menggunakan digital zoom akan membuat hasil  menjadi pecah-pecah, tidak visually appealing, pixelated, serta tidak fokus.

Bila Anda ingin memperbesar objek video, sebaiknya Anda berjalan mendekati objek dan merekam lebih dekat supaya hasilnya kualitas video tidak rusak. Jenis lensa kamera yang digunakan pada ponsel yaitu fixed lens, sama dengan lensa kamera yang menggunakan panjang fokal stabil serta tidak bisa di-zoom.

  • Perhatikan pencahayaan saat perekaman video

Sama halnya dengan fotografi, ada dan tidaknya cahaya akan berpengaruh pada hasil kualitas video. Sumber pencahayaan terbaik adalah berasal dari cahaya alam, misalnya sinar matahari.

Tidak dianjurkan juga untuk menyalakan flash agar menerangi objek di video Anda. Karena itu hanya akan membuat bagian depan jadi begitu terang, sedangkan background akan menjadi gelap. 

Anda bisa gunakan extended lights misalnya dengan menggunakan portable LED lights pada saat malam hari

  • Kunci fokus dengan cara manual, agar titik fokus di video tidak dapat berpindah-pindah

Perlu Anda ketahui bahwa Smartphone itu dapat mendeteksi titik fokus serta menyesuaikan eksposur dengan otomatis. Fitur ini gunanya untuk mengambil gambar dengan cepat,

Tetapi hal ini akan mengganggu bila Anda terapkan dalam merekam video. Jika ada gerakan sedikit, maka smartphone akan menyesuaikan ulang titik fokus dan eksposur. Lalu, efeknya apa terhadap video?

Terkadang, video terlihat blur atau terlalu terang atau juga terlalu gelap dengan sendirinya. Karena itu, sebaiknya Anda kunci titik fokus dengan cara manual Caranya yaitu dengan ketuk layar di bagian yang Anda inginkan, kemudian ikon kunci gembok akan muncul. Dengan begitu, fokus tidak akan bisa berpindah-pindah pada titik lain.

  • Jangan gunakan banyak slow motion

Beberapa merk ponsel ada yang memfasilitasi dengan opsi mode slow motion untuk merekam video. Tujuannya adalah agar video memiliki efek dramatis serta menghasilkan video yang lebih keren. 

Tapi Anda harus tahu tidak semua hal cocok buat di-slow motion. Anda hanya pantas merekam video slow motion untuk merekam gerakan yang tak begitu tampak dari mata.

  • Agar audio yang dihasilkan berkualitas baik, tambahkan pula mikrofon eksternal

Merekam video dengan menggunakan smartphone akan menghasilkan suara yang cenderung “apa adanya” yang ada disekitar.

Contohnya bila Anda merekam vlog di jalanan, maka suara-suara lain seperti suara klakson, suara kendaraan lain atau suara orang bicara pasti akan ikut masuk dan tentu akan mengganggu hasil suara video. 

Karena itu Anda bisa tambahkan mikrofon eksternal yang dapat  disambungkan ke smartphone Anda dengan langsung. Mikrofon ini akan menangkap suara dengan lebih baik serta menghasilkan output suara yang lebih jernih. 

Itulah hal-hal yang perlu disiapkan dalam perekaman video jarak jauh. Sebagai informasi tambahan, bila Anda butuh jasa pembuatan konten bisa gunakan saungwriter.com jasa pembuatan konten berkualitas dan profesional.

Related posts