Jadiberita.com

Pakaian, celana, peralatan mandi dan handuk adalah kebutuhan pokok atau barang yang  wajib untuk kamu bawa saat ingin pergi travelling. Selain barang-barang di atas kamu juga perlu membawa beberapa barang penting dan bermanfaat pastinya. Selain untuk memudahkan, pastinya juga bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran travelling kamu, loh. Apa lagi kalau kamu melakukan  solo travelling pasti harus mempersiapkan barang bawaan dengan benar-benar teliti dan jangan sampai ada barang penting yang tertinggal. Berikut barang-barang penting yang wajib sekali dibawa selain paspor dan uang.

  • Dompet (Uang, Id card dan Kartu ATM)

Dompet (Uang, Id card dan Kartu ATM)

dgspeak.com

Uang, id card dan kartu ATM memang sangat wajib kamu bawa karena pastinya akan satu paket dengan dompet. Jika dompet sampai tertinggal pastinya akan merepotkan sekali. Maka pastikan jangan sampai dompetmu tertinggal,  ya.

Jika travelling, sebaiknya kamu membawa uang tunai secukupnya saja untuk menghindari sesuatu hal yang tidak diinginkan. Namun dilihat lagi dari kondisi kota travelling yang akan dituju. Id card (KTP, SIM, dll) sangat berguna sebagai kartu pengenal dan berguna ketika ingin menyewa kendaraan dan tempat menginap. Kartu ATM juga salah satu kartu yang wajib dibawa dalam dompet untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan seperti cadangan ketika uang cash habis.

  • Handphone dan Charger

Handphone dan Charger 

lebahmaster.com

Alat teknologi yang satu ini disebut juga dengan ponsel pintar atau handphoneHandphone sangat berguna sekali agar semakin memudahkanmu untuk mengecek jadwal travelling, Maps, dan mengabadikan momen-momen penting  liburanmu. Selain itu, kamu juga perlu membawa charger handphone milikmu, ya.

  • Botol Minum (Tumbler)

Botol Minum (Tumbler)

utakatikotak.com

Dari pada repot-repot membeli air, alangkah baiknya kamu membawa botol minum atau tumbler milikmu sendiri untuk menemani travelling. Selain itu, jika kamu membawa botol minum sendiri, kamu juga menghemat biaya pengeluaran dan pastinya mengurangi sampah plastik.

  • Headset

Headset

health.detik.com

Headset sangat berguna untuk mengatasi kebosanan ketika kamu dalam perjalanan jauh. Dengan headset kamu dapat mendengarkan lagu, radio atau video sekalipun. Saat ini headset bluetooth sangat populer dikalangan masyarakat. Kelebihan terbaik dari adanya headset bluetooth adalah handsfree.

Handsfree bluetooth Samsung mempunyai performa yang sangat bagus, yaitu untuk meningkatkan kenyamanan pemakai, selain itu kamu tidak perlu repot untuk mengatur kabel. Karena handsfree memiliki performa yaitu tanpa kabel. Jadi sangat praktis dan bermanfaat.

  • Sandal Jepit

Sandal Jepit

shopee.co.id

Sandal jepit sangat berguna sebagai cadangan ketika sepatu milikmu basah. Sandal jepit dapat kamu gunakan ketika kamu ingin berkeliling penginapan atau mencari makan diluar. Jadi tidak ada salahnya apabila kamu membawa sandal jepit di dalam tasmu.

  • Syal

Syal

hipwee.com

Selain untuk menambah kesan keren fashion. Syal juga dapat berfungsi sebagai selimut atau bantal saat liburanmu. Selain itu, syal sangat mudah di lipat di dalam tas maupun koper.

  • Obat-obatan

Obat-obatan

saibumi.com

Kamu wajib membawa obat-obatan. Obat pribadi harus selalu dibawa, untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan. Seperti, sakit kepala, lambung atau obat mabuk sekalipun harus kamu bawa. Jadi jangan sampai obat pentingmu tertinggal yaa.

Nah, itulah beberapa barang yang wajib kamu bawa ketika melakukan traveling Kamu juga bisa membawa barang-barang bawaan lain yang menurutmu penting dan bermanfaat. Seperti kacamata dan topi, lalu powerbank, kamu juga bisa membawa notebook dan pulpen untuk menulis sebuah jurnal atau cerita saat travelling. Baca juga Uji Nyali Anda dengan Mengunjungi 5 Tempat Wisata Ekstrem di Medan Ini!.