6 Kesalahan Investasi Reksadana Paling Banyak Terjadi

  • Whatsapp
Investasi Reksadana

Setiap investasi memerlukan perhitungan yang matang, meski untuk jenis investasi aman sekalipun. Seperti halnya investasi reksadana ini yang ternyata tidak sedikit orang malah melakukan banyak kesalahan.

Padahal investasi dalam bentuk reksadana ini bisa dibilang aman, bahkan memiliki resiko yang kecil. Karena biasanya instrumen ini dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Investor hanya menyetorkan sejumlah uang untuk dikelola, sesuai dengan instrumen yang telah disepakati.

Apa saja kesalahan yang biasa dilakukan para investor dalam investasi reksadana?

  • Tidak Punya Tujuan Keuangan yang Jelas

Setiap investasi merupakan sebuah alat untuk memenuhi tujuan keuangan tertentu. Ibaratnya seperti ketika seseorang ingin pergi ke suatu tempat tertentu. Ketika sudah mengetahui tujuan tersebut, tentulah lebih mudah dalam menentukan jalan yang tepat.

Begitu juga dengan tujuan keuangan dari investasi ini. Anda harus menentukan terlebih dahulu apa sebenarnya tujuan dari investasi tersebut. Bisa untuk dana pendidikan, biaya perjalanan, membeli properti, hingga dana pensiun.

  • Salah Memilih Jenis Reksadana

Dari kesalahan dalam menentukan tujuan keuangan, maka akan berdampak pada kesalahan yang kedua ini. Ada beberapa jenis instrumen reksadana yang dapat dicocokkan dengan tujuan keuangan Anda.

Seperti contohnya ada reksadana pasar uang, reksadana saham, reksadana obligasi, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki faktor resiko yang berbeda-beda. Semakin tinggi resiko dari jenis reksadana tersebut, seharusnya digunakan untuk tujuan keuangan jangka panjang.

  • Menunda Terlalu Lama

Sudah saatnya setiap orang memulai investasi reksadana sedari awal. Namun kebanyakan orang masih bingung dan takut untuk berinvestasi. Apalagi banyak berita yang memunculkan adanya investasi bodong.

Padahal, instrumen investasi ini sangat solid. Ada perlindungan kuat dari negara dalam bentuk pengawasan lembaga oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tidak hanya itu saja, investasi ini juga bisa dilakukan dengan mudah, hanya menggunakan smartphone, dan nilai investasinya fleksibel.

Selain itu, jika memahami konsep reksadana dengan benar, maka seharusnya resiko kerugian sangatlah kecil.

  • Tidak Paham Resiko Reksadana

Sebenarnya resiko reksadana sangatlah kecil. Hanya saja masih banyak yang tidak memahami faktor resiko ini. Akibatnya mereka panik ketika nilai investasinya sedang anjlok.

Perilaku investor seperti ini memang sangat umum ditemui.

Nilai investasi reksadana secara historis akan naik pada jangka waktu yang panjang. Meski pada momen-momen tertentu nilainya bisa saja anjlok sangat rendah. Namun jangan pernah takut, jika memang tujuan investasi Anda jelas, investasi akan sesuai dengan tujuan keuangan.

  • Melakukan Trading Reksadana

Kesalahan selanjutnya adalah investor yang melakukan transaksi jual beli dalam jangka waktu pendek. Tujuan para investor ini sebenarnya adalah untuk mendapatkan keuntungan dari nilai investasi yang sedang naik.

Jika hal ini dilakukan, resiko yang didapatkan akan sangat tinggi. Selalu ada fluktuasi harga yang bisa saja salah dalam mengambil keputusan. Selain itu, trading juga memerlukan waktu khusus, dan harus fokus dalam memantau harga.

Meski ada kemungkinan keuntungan yang besar, namun tetap saja resikonya sangat tinggi. Padahal seharusnya reksadana digunakan untuk kebutuhan investasi jangka panjang.

  • Tidak Mengenal Instrumen Reksadana dengan Baik

Dalam hal investasi, sangat penting untuk mengetahui kinerja investasi tersebut. Untuk reksadana Anda harus membaca prospektus atau dokumen resmi yang terkait dengan reksadana tersebut. Di dalamnya ada legalitas, pengelola, biaya, hingga resiko.

Anda juga harus mengetahui reksadana terbaik berdasarkan rating reksadana. Biasanya rating ini dikeluarkan secara rutin. Anda bisa membacanya dengan mudah, dan ambillah rekomendasi reksadana dengan capaian terbaik dalam jangka waktu yang panjang.

Investasikan Uang Anda di Reksadana Terproteksi dari DBS Treasures

Untuk menghindari semua kesalahan yang bisa saja terjadi, Reksadana Terproteksi akan menjadi instrumen investasi terbaik. Dengan produk dari DBS Treasures ini Anda akan menemukan keuntungan investasi reksadana sesungguhnya.

Langsung saja simak 3 USP produk Reksadana Terproteksi ini!

  • Investasi pada Aset Terpercaya

Reksadana pastinya dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Dengan kinerja yang optimal, dan termasuk dalam hal keamanan akan memastikan keamanan aset investasi. Di Reksadana Terproteksi, investasi Anda juga dilindungi sampai saat jatuh tempo.

  • Panduan Agar Bijak Berinvestasi

Setiap investor harus tahu dengan baik apa saja produk investasi yang digunakannya. DBS Treasures selalu siap untuk terus menemani Anda setiap saat. Karena wawasan berinvestasi sangatlah penting untuk mendapatkan apa yang diinginkan dalam tujuan investasinya.

  • Kupon Reguler untuk Pembayaran

Produk Reksadana Terproteksi ini akan memberikan jadwal pembayaran kupon secara rutin. Sehingga para investor bisa mendapat imbal hasil yang menguntungkan secara periodik.

Itulah kesalahan yang sering dilakukan saat investasi reksadana. Hindari masalah tersebut dengan memilih produk Reksadana Terproteksi dari DBS Treasures. Sebagai sebuah priority banking tentunya kami akan selalu menitikberatkan pada prioritas nasabah sehingga nasabah akan mendapatkan manfaat sesuai dengan kebutuhannya.

Related posts