5 Nama Lain Al-Quran Beserta Artinya

  • Whatsapp
Nama Lain Al-Quran

Kitab paling sempurna dan sebagai kitab umat Islam adalah Al-Quran. Secara istilah Al-Quran dikenal dengan firman Allah SWT yang diturunkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kitab Al-Quran selain wajib dibaca oleh umat Islam juga harus dipelajari dan diterapkan. Agar senantiasa dijadikan petunjuk  kehidupan yang lebih baik dan selalu mengikuti ajaran Allah SWT.

Nama lain Al-Quran banyak dan semua itu memiliki maksud sama sebagai penyempurna kitab yang lama. Seperti Taurat, Injil, dan Zabur yang termasuk kitab Allah SWT tetapi diturunkan kepada nabi lainnya. Pertama, nama lain dari Al-Quran adalah Al-Furqon. Makna Al-Furqon adalah membedakan antara kebatilan dan kebenaran. Nama ini juga digunakan Allah SWT dalam perang Badar dengan dikenal dalam redaksi nya surah al-Anfal.

Kedua, adalah At Tanzil yang memiliki arti Al-Quran diturunkan langsung dari sang Esa yaitu Allah SWT. Dengan menggunakan nama ini Anda harus yakin bahwa Al-Quran bukan semata buatan manusia yang seperti banyak manusia lain pikirkan. Karena telah dibukukan dan disempurnakan banyak mushaf yang telah Anda pegang dan mudah dibaca tersebut. Tetapi walaupun begitu At Tanzil adalah buatan asli Allah SWT dan bukan nabi Muhammad SAW.

Ketiga, nama lain Al-Quran adalah Az Zikri dengan maksud memberikan pesan. Pesan yang dimaksud dalam Az Zikri adalah pesan tidak langsung. Namun, seolah sebagai peringatan dan tuntunan untuk menjadi baik serta perintah mengikuti ajaran yang dimaskud. Dengan begitu, Az Zikri sebagai tugas yang wajib diemban oleh manusia. Termasuk didalamnya ajaran untuk menjaga bumi dalam kehancuran musuh dan daru tangan manusia yang ingkar dengan tuntunan Allah SWT tadi.

Keempat, adalah Al Wahyu yang mempunyai maksud sebagai pesan kepada seluruh manusia di bumi. Al Wahyu memiliki pengertian pesan untuk menjalani kehidupan dengan baik. Pesan ini dapat Anda gali dengan mendalami tafsir setiap ayat dalam Al-Quran. Karena konteks dan maksud ayat Al-Quran terkadang tidak mudah dipahami dengan gambaran pelajaran dan peristiwa terdahulu.

Kelima, nama lain Al-Quran adalah Kalamullah yang berarti firman dari Allah SWT. Kalam Allah SWT tidak ada yang bisa menggantikan hingga akhir zaman. Sehingga Kalamullah inilah yang nantinya menolong kehidupan abadi di akhir kelak baik dimulai dari perhitungan amal hingga penentuan tempat abadi surga ataupun neraka.

Dengan banyak nama Al-Quran diatas, Anda seharusnya semakin bertambah yakin bahwa hal tersebut sebagai penegasan Firman Allah SWT benar adanya. Dengan begitu Al-Quran mampu dijadikan petunjuk manusia dan Anda semakin terarah dengan kehidupan yang telah dituntun dengan ajaran di dalamnya.

Semoga informasi diatas mampu mengantarkan pada iman yang besar dan tertanam dalam hati paling dalam. Sekian artikel terkait nama lain Al-Quran dan semoga dapat dipahami.

Related posts